Upaya – Upaya Untuk Menyelamatkan Lingkungan

Keadaan lingkungan saat ini semakin memprihatinkan karena pencemaran yang semakin marak dan terjadi dimana – mana mulai dari penggunaan bahan bakar berlebih yang mengakibatkan pencemaran udara dan pembuangan limbah ke air yang menghancurkan ekosistem di air.

Hal ini tentu sangat memprihatinkan, apalagi kerusakan ini tentu juga akan berdampak langsung bagi kehidupan manusia di masa mendatang. Selain itu, tingkat kesadaran masyarakat yang masih mudah juga turut berperan dalam semakin parahnya kerusakan lingkungan.

Walaupun demikian, berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah dan sebagian masyarakat yang peduli pada kelangsungan lingkungan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan misalnya dengan memberikan penyuluhan tentang lingkungan dan penataan lingkungan.

Tetapi, usaha tersebut tentu tidak akan berhasil tanpa adanya kepedulian dan dukungan dari masyarakat terhadap lingkungan. Peduli berarti melakukan aksi penyelamatan yang tidak harus selalu dengan hal – hal yang besar karena hal – hal besar selalu dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Buang Sampah Pada Tempatnya

Banyak masyarakat yang seringkali dengan santainya membuang sampah ke selokan atau ke sungai, padahal mereka jelas – jelas sudah mengetahui bahwa itu adalah sungai bukan tempat sampah. Kurangnya kesadaran seperti ini dapat menyebabkan sampah menjadi menumpuk dan membusuk di tempat yang bukan semestinya.

Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, sampah busuk ini juga akan menjadi tempat subur untuk berkembang biak berbagai penyakit. Dampak yang paling buruk adalah banjir sehingga kebiasaan yang buruk ini bisa berakibat pada hilangnya harta benda atau bahkan nyawa.

Oleh karena itu memiliki kepedulian terhadap lingkungan harus dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya. Untuk menanggulangi sampah, sampah organik bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

Caranya, pisahkan sampah antara sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik bisa diangkut oleh tukang kebersihan dan sampah yang bisa membusuk dapat digunakan untuk memupuk tanaman di rumah. Sampah organik tersebut ditimbun dalam tanah sehingga dapat berfungsi sebagai kompos.

Selain limbah rumah tangga, limbah yang dapat membahayakan lingkungan adalah limbah industri, khususnya limbah yang mengandung zat – zat kimia. Limbah seperti ini harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang karena akan mengurangi polutan di perairan dan tidak menganggu ekosistem.

Mengurangi Bahan Bakar Berminyak

Pencemaran udara yang ditimbulkan akibat asap pabrik dan sisa pembakaran kendaraan bermotor dapat dicegah dengan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Seharusnya saat ini sudah mulai dipikirkan sumber energi pengganti minyak yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, jumlah kendaraan bermotor juga harus benar – benar dibatasi dan hanya kendaraan bermotor yang layak saja yang boleh beroperasi.

Asap buangan dan kadar emisi harus menjadi prioritas karena saat ini masih banyak kendaraan dengan asap mengepul yang masih banyak berkeliaran di jalan – jalan sehingga memperparah pencemaran lingkungan. Selain mengurangi penggunakan bahan bakar, penghijauan kembali atau reboisasi juga harus semakin digencarkan karena saat ini asupan oksigen dunia juga semakin menipis dan sebagian besar bergantung pada hutan Amazon.

Kalimantan yang dulunya hutan belantara kini juga sudah banyak yang gersang sehingga tidak bisa lagi disebut sebagai paru – paru dunia. Tumbuhan sangat penting untuk hidup manusia karena tumbuhan mampu menyerap karbon dioksida di udara untuk berfotosintesis.

Dengan adanya jalur hijau, hal ini bisa mengurangi kadar karbondioksida dari asap pabrik dan kendaraan bermotor. Selain itu, tumbuhan juga menyuplai oksigen yang diperlukan manusia untuk bernapas dimana oksigen tersebut diperoleh dari hasil fotosintesis tumbuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s