Pencemaran Lingkungan Dan Dampaknya Bagi Manusia

Pencemaran lingkungan atau biasa dikenal dengan istilah polusi merupakan peristiwa masuknya zat – zat dan makhluk hidup berbahaya atau beracun ke dalam lingkungan. Pencemaran membuat perubahan pada tata lingkungan karena proses alami dari alam atau disebabkan oleh kegiatan manusia yang menurunkan kualitas lingkungan sehingga lingkungan menjadi terganggu dan kurang dapat berfungsi maksimal seperti sebagaimana mestinya.

Bahan atau zat – zat yang mengakibatkan pencemaran dikenal sebagai polutan. Suatu zat bisa dikatakan sebagai polutan jika keberadaanya menyebabkan kerugian bagi mahkluk hidup misalnya kadar CO2 atau karbon dioksida yang lebih dari 0.33 %. Pencemaran lingkungan sendiri masih dibagi – bagi lagi menjadi beberapa macam yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara. Pencemaran saat ini telah terjadi dimana – mana dan menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat.

Misalnya saja pencemaran air. Air merupakan salah satu barang yang paling penting untuk kebutuhan makhluk hidup, termasuk manusia karena air digunakan untuk memasak, mencuci, minum, mandi, dll.

Tindakan manusia dalam pemenuhan kebutuhannya seringkali menambah bahan anorganik pada air sehingga justru mencemari air. Contohnya pembuangan air bercampur detergen ke perairan bebas sehingga berdampak buruk pada organisma di dalam perairan.

Selain itu, pemupukan tanah dengan pupuk buatan yang berlebih dan masuk perairan bebas juga akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman air menjadi tidak terkendali misalnya tanaman enceng gondok, paku air, dan alga.

Pencemaran Tanah

Tanah adalah tempat hidup untuk berbagai jenis makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan juga manusia. Kualitas tanah ternyata dapat menurun karena adanya proses erosi oleh air mengalir yang akhirnya menyebabkan kesuburan tanah menjadi berkurang.

Selain karena erosi oleh air, penurunan kualitas tanah juga bisa disebabkan oleh pembuangan limbah padat yang akhirnya mencemari tanah. Limbah – limbah padat tersebut bisa berasal dari sampah industri, sampah rumah tangga, atau dari tumbuhan. Sampah – sampah tersebut, khususnya sampang industri dan rumah tangga tentu banyak yang mengandung zat – zat kimia yang berpotensi mencemari tanah.

Menurut jenisnya, sampah bisa dikategorikan menjadi 2 macam yaitu sampah anorganik dan sampah organik. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari industri atau rumah tangga misalnya kaleng, plastik, logam, dll. Sedangkan sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup misalnya dedaunan kering, kertas, dan bangkai binatang.

Pada umumnya sampah organik lebih mudah dihancurkan dan diuraikan oleh mikroorganisme dalam tanah sehingga sampah organik bisa dikatakan lebih aman dan bisa menyuburkan tanah. Sementara itu sampah anorganik biasanya sulit diuraikan sehingga menurunkan kualitas tanah.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan pencemaran yang paling marak saat ini di dunia karena pencemaran udara sangat erat kaitannya dengan polusi yang dihasilkan oleh asap kendaraan. Udara dikatakan tercemar ketika terdapat zat – zat yang mengotori udara. Pencemaran udara terdiri dari bermacam – macam bentuk, ada pencemaran udara berbentuk gas dan pencemaran udara berbentuk partikel padat atau cair.

Beberapa gas yang jumlahnya melebihi batas toleransi lingkungan dapat membantu kehidupan manusia. Polutan yang dapat mencemari udara adalah senyawa belerang, karbon monoksida, karbon dioksida, senyawa nitrogen dan CFC. Sementara itu pencemaran udara berbentuk cair adalah titik – titik air.

Pencemaran udara berbentuk padat bisa berupa abu vulkanik atau debu. Partikel padat juga bisa berasal dari mahkluk hidup contohnya virus, spora, serangga yang mati, atau serbuk sari.Partikel – partikel diatas merupakan sumber penyakit dan dapat menganggu kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s