Kelangsungan Lingkungan Hidup Semakin Terancam

Lingkungan hidup merupakan segala makhluk hidup yang berada di sekitar. Semua mahkluk hidup tentunya adalah bagian dari lingkungan hidup. Sebagai bagian dari lingkungan hidup, manusia harus harus memiliki kesadaran untuk melestarikan kelangsungan lingkungan hidup tersebut.

Namun pada kenyataannya, manusia justru menjadi perusak kelestarian lingkungan hidup. Semakin banyaknya lahan hutan yang gundul dan hilangnya beberapa spesies binatang adalah sedikit contoh dari kerusakan lingkungan hidup dimana faktor penyebab masalah ini adalah karena sifat manusia yang serakah dan tidak bertanggung jawab dengan apa yang mereka perbuat.

Manusia yang seharusnya merawat justru menjadi penghancur bagi makhluk hidup. Bahkan, banyak yang sudah tidak lagi mempedulikan nilai – nilai humanisme sehingga manusia modern juga telah mengalami kemunduran moral dan spiritual dalam sejarah kehidupannya.

Semakin sedikitnya hutan di dunia mengakibatkan penyaring udara kotor menjadi berkurang sehingga membuat lapisan ozon menjadi semakin tipis. Lubang ozon di atmosfer juga semakin besar karena polusi udara yang dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar dari industri besar yang langsung menuju ke angkasa.

Selain itu, kehidupan para binatang pun juga ikut terancam. Banyaknya penangkapan jenis binatang tertentu ikut berperan dalam mengubah posisi rantai makanan. Sehingga penangkapan binatang sebenarnya justru merugikan manusia sendiri.

Rendahnya Perhatian Manusia Pada Lingkungan Hidup

Masyarakat di Indonesia saat ini masih belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang arti lingkungan hidup yang ideal. Padahal, tanpa wawasan tersebut masyarakat mungkin tidak akan begitu paham tentang lingkungan hidup yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Setelah diberi pemahaman tentang arti lingkungan hidup, para pemerhati lingkungan dan pemerintah seharusnya memberi solusi dan sarana untuk masyarakat agar dapat turut menjaga lingkungan hidup.

Saat ini, mayoritas penduduk Indonesia hanya mendapatkan pendidikan hingga ke jenjang SMA. Bahkan, masih banyak pula masyarakat Indonesia yang sama sekali tidak mengenyam pendidikan. Banyak yang menganggap bahwa pendidikan hanya sebagai pemborosan formal dan tidak berguna.

Pendidikan telah membuat menusia menjadi modern dan pintar. Namun membuat mereka menjadi semakin egois untuk menaklukan dunia dengan pengetahuan yang telah diperoleh dari pendidikan yang tinggi. Kenyataan ini tentu sangat memprihatinkan karena manusia modern lebih berpotensi untuk merusak daripada masyarakat primordial yang sudah memahami lingkungan hidup tanpa pendidikan formal.

Misalnya saja Suku Badui di Banten. Mereka lebih memahami arti lingkungan hidup daripada masyarakat modern di kota besar. Masyarakat Badui tidak pernah menerima benda – benda kimia karena menganggap barang tersebut dapat merusak alam. Sementara itu, masyarakat yang modern dengan seenaknya membuang limbah pabrik dan sampah sembarangan demi keuntungan individu.

Dampak Buruk Ketidak-pedulian Manusia Terhadap Lingkungan

Jika saat ini sungai yang bebas dari sampah semakin sedikit, maka suatu saat nanti kemungkinan besar masyarakat pun akan kesulitan mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan. Jika sudah sampai seperti ini, pemahaman tentang arti lingkungan hidup tentu sudah bukan lagi solusi karena memiliki ilmu tanpa tindakan yang nyata sama saja tidak ada artinya.

Manusia modern seharusnya lebih memperhatikan perbuatannya untuk menjaga kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup anak cucu mereka. Jika manusia masih tetap merusak lingkungan alam, maka akan muncul bencana yang dapat menyusahkan kehidupan manusia itu sendiri seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, kurangnya ketersediaan air bersih, udara yang semakin panas, berkurangnya asupan oksigen, dll.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s