Cintai Lingkungan, Manfaatkan Sampah Plastik

Sampah Plastik Berbahaya Bagi Lingkungan

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia menghabiskan sejumlah besar sumber daya alam, mineral, dan energi. Jumlah yang dipakai terus meningkat sehingga mengancam keseimbangan kondisi lingkungan.

Kondisi ini diperparah dengan limbah yang dihasilkan. Limbah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia membahayakan kondisi lingkungan jika tidak diolah secara tepat. Ada berbagai macam limbah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Limbah sendiri seringkali hanya dipandang sebagai bahan berbahaya dan beracun yang merujuk kepada lembah kimiawi. Lembah jenis ini banyak dihasilkan oleh pabrik-pabrik industri.

Namun, apakah benar limbah berbahaya hanya berupa zat kimiawi?

Apakah sampah, tidak seperti limbah, tidak merusak lingkungan?

Bagaimana dengan plastik, sampah yang banyak dihasilkan oleh rumah tangga?

Plastik merupakan bahan yang bermanfaat untuk berbagai macam keperluan sehari-hari. Plastik dibuat sebagai bahan kantong, peralatan rumah tangga, kemasan makanan, dan lain sebagainya. Konsumsi plastik yang cukup tinggi linier dengan sampah yang dihasilkan.

Hampir setiap orang dan setiap rumah tangga memakai plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi pemakaiannya tak jarang hanya sekali pakai, misal kantong plastik pembungkus makanan dan kemasan air minum yang memang tidak bisa difungsikan lebih dari sekali. Akibatnya, sampah plastik yang dihasilkan juga sangat banyak.

Plastik menjadi berbahaya bagi lingkungan karena untuk mengurai plastik secara sempurna, dibutuhkan waktu puluhan tahun. Plastik tidak mudah terurai di dalam tanah. Plastik yang ditimbun justru akan merusak kesuburan tanah. Lebih parah lagi, jika sampah plastik dibakar, plastik berubah bentuk tetapi masih memiliki sifat plastik yang sisa-sisanya juga akan sulit terurai di dalam tanah.

Akibatnya, tempat pembuangan sampah plastik semakin hari semakin meninggi dan meluas, mengganggu kesuburan dan produktivitas tanah. Lebih jauh lagi, tempat pembuangan sampah plastik ini membawa efek domino, mengakibatkan masalah yang lebih kompleks, seperti kemunculan berbagai penyakit dan polusi udara.

Daur Ulang Dan Pemanfaatan Kembali Sampah Plastik

Sifat plastik yang tidak mudah terurai, mau tak mau, membuat kita harus memikirkan cara lain. Daur ulang biasanya menjadi pilihan. Dengan daur ulang, sampah plastik akan dibersihkan dan dilelehkan untuk kemudian dibentuk kembali menjadi bahan-bahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Usaha ini memang efektif tetapi belum sebanding dengan jumlah sampah plastik yang dihasilkan dari hari ke hari. Plastik yang didaur ulang jumlahnya belum seberapa dibandingkan plastik-plastik yang menumpuk dan menjadi ancaman nyata bagi lingkungan.

Ada beberapa alasan mengapa daur ulang plastik belum optimal secara kuantitatif. Pertama, tidak semua sampah plastik dapat didaur ulang. Kedua, untuk melakukan daur ulang dibutuhkan peralatan yang tidak bisa dijangkau oleh semua orang. Ketiga, untuk memasarkan kembali produk hasil daur ulang, dibutuhkan jaminan kualitas. Produk daur ulang tersebut juga harus ramah kesehatan. Hal inilah yang membuat daur ulang plastik belum bisa dilakukan secara massal.

Lalu bagaimana dengan sampah plastik yang belum didaur ulang?

Sekarang sudah saatnya masyarakat tanpa peralatan istimewa menggunakan kreativitasnya dengan memanfaatkan kembali sampah plastik. Sampah plastik dapat dimanfaatkan kembali secara kreatif menjadi berbagai macam kerajinan tangan. Banyak kerajinan dapat dihasilkan dari plastik bekas, seperti tas, taplak meja, dompet, dan berbagai hiasan lain.

Dengan cara ini, sampah plastik dapat dimanfaatkan kembali tanpa perlu memusingkan peralatan apa yang harus digunakan. Cara ini cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Asal memiliki kreativitas, masyarakat dapat memanfaatkan kembali sampah plastik ini.

Apalagi hasil kreasi ini dapat menghasilkan keuntungan materi. Kerajinan dari sampah plastik dapat dijadikan bahan utama kampanye ekonomi kreatif. Mulai saat ini, cintailah lingkungan dengan memanfaatkan kembali sampah plastik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s