Penghematan Listrik dengan Solar Panel

Diera modern ini kita tentu tidak bisa memisahkan diri kita dengan penggunaan listrik. Kita selalu membutuhkan listrik untuk berbagai kebutuhan dirumah. Kita tidak bisa melakukan aktifitas tanpa listrik. Listrik juga sangat dibutuhkan diperkantoran.

Kebutuhan listrik per hari memang sangat besar dan listrik tersebut dihasilkan dari bahan bakar yang akan habis suatu hari nanti karena pengolahan bahan bakar tersebut sangat lama dan sumber dari bahan bakar tersebut bisa saja habis. Sumber bahan bakar yang diambil dari alam bisa habis dan tidak bisa diperbaharui lagi. Ini adalah isu lingkungan yang sangat meresahkkan saat ini.

Jika sudah habis maka kita tentu akan kesulitan mendapatkan listrik. Artinya anda akan kesulitan melakukan aktifitas anda sehari-hari karena kurangnya pasokan listrik.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan listrik?

Kita mau tidak mau memang harus mulai memikirkan solusi yang menguntungkan bagi kita dan juga lingkungan. Banyak orang kemudian mengurangi pemakaian listrik dengan selalu mematikan alat eletronik yang sudah tidak dipakai.

Anda juga harus menutup kulkas ketika anda mengambil sesuatu di dalam kulkas. Membuka pintu kulkas terlalu lama nyatanya sangat berbahaya. Sebagian orang yang ingin mendapatkan keuntungan ganda lebih memilih menggunakan solar panel atau pembangkit listrik tenaga surya dirumah mereka.

Sejarah penggunaan solar panel

Kita tentu mengetahui isu lingkungan saat ini terutama dikota besar. Sampah dan limbah rumah tangga menumpuk dan tidak bisa diuraikan membuat masalah efek rumah kaca, tanah longsor dan juga banjir. Jika ini terus terjadi beberapa tahun kedepan kita akan melihat bumi kita yang semakin hancur. Namun kini anda bisa mengurangi efek rumah kaca dengan solar panel.

Apa yang dimaksud dengan solar panel?

Solar panel adalah alat yang akan digunakan untuk mengubah energy matahari menjadi energy listrik. Solar panel ini menggunakan dua jenis materi yaitu polisilisium dan juga monosilisium. Anda bisa memilih yang bentuknya kotak atau bentuknya solar cell.

Orang-orang yang tinggal didaerah tropis lebih senang menggunakan yang bentuknya solar cell karena dapat menyerap panas walaupun pada musim penghujan. Solar panel ini kemudian banyak digunakan dalam skala rumah tangga karena memberikan banyak sekali keuntungan. Apa saja keuntungan yang anda dapatkan dari solar panel ini?

Keuntungan memakai solar panel

Solar panel ini akan membantu anda untuk menghemat penggunaan listrik. Anda tidak perlu lagi takut akan tunggakan tagihan listrik yang mahal. Anda bisa mengurangi tagihan listrik dengan menggunakan solar panel ini. Solar panel ini dapat menghasilkan listrik dan besarnya dapat dipilih sesuai dengan solar panel yang anda gunakan.

Anda kemudian bisa menggunakan listrik untuk menyalakan berbagai perabot elektronik rumah tangga misalnya kulkas, komputer, lampu, televisi dan perabot elektronik lainnya. Anda bisa mulai menyerap tenaga matahari dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika PLN mematikan pasokan listrik setiap harinya karena anda tetap bisa menyalakan berbagai barang elektronik dirumah anda. Sudah banyak agen solar panel yang ditawarkan kepada anda. Anda bisa memesan solar penal kotak atau solar cell yang anda inginkan.

Harganya memang cukup mahal tetapi anda bisa ikut berpartisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan serta isu global warming yang semakin panas.

Anda bisa menghemat uang anda setiap bulannya karena tidak perlu membayar listrik lagi. Ini adalah solusi dari sebuah masalah lingkungan yang efektif dan jika semua orang mau melakukannya maka tidaklah sulit untuk menjaga bumi kita ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s