Menyelamatkan Lingkungan dengan Botol

Kita tentu kerap menemukan botol setiap harinya. Banyak sekali sampah botol minuman yang dibuang setiap harinya. Ujung-ujungnya, botol-botol hanya akan dibuang dan mencemari lingkungan. Sebenarnya botol-botol plastik tersebut bisa diolah dengan cara yang mudah dan akan menghasilkan keuntungan bagi anda.

Keuntungan yang akan didapatkan tentu beragam. Anda yang tertarik untuk mengolah botol bisa melanjutkan membaca ulasan tentang pengolahan botol plastik untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Limbah botol dari plastik ini adalah salah satu jenis sampah anorganik yang membutuhkan waktu yang lama untuk diolah.

Jika anda kreatif, limbah botol ini bisa digunakan untuk beberapa hal. Bahkan anda bisa mengolahnya menjadi barang seni yang bernilai tinggi. Lalu apa yang bisa anda buat dengan menggunakan botol plastik ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan botol-botol plastik anda.

Lampu Hias dari Botol Plastik

Kini banyak orang yang membuat lampu hias berbahan dasar botol plastik. Kerajinan botol ini memang sudah lama dirintis banyak orang terutama yang tinggal di Surabaya. Pertama kali dikembangkan bisnis ini memang kurang mendapatkan perhatian baik dari masyarakat maupun dari pemerintah tetapi seiring dengan waktu, botol plastik ini malah menjadi primadona karena bisa menghasilkan rupiah dengan modal yang sangat minim.

Anda tidak hanya bisa menggunakan botol plastik untuk membuat lampu hias, banyak sekali botol-botol kaca yang sulit diuraikan dan tidak bisa digunakan lagi dan bernilai sangat mahal ketika menjadi sebuah lampu hias disudut rumah atau dekorasi dari sebuah restoran. Botol-botol plastik ini bisa didapatkan dari pengepul.

Tahukah anda bahwa pengepul adalah orang yang sangat berjasa dalam penyelematan lingkungan?

Pengepul akan memisahkan sampah-sampah dari yang organik dan biasanya mereka hanya mengambil sampah anorganik dan menyetorkan di bank sampah atau pusat sampah untuk diolah menjadi berbagai barang lainnya.

Sampai ditangan pengrajin lampu hias, harga sebuah lampu dari botol plastik ini sangat menggiurkan. Harga sebuah lampu saja bisa dipatok Rp 210.000. Jika anda bisa menjual lima buah lampu dalam sehari keuntungan yang bisa anda dapatkan tentu akan semakin banyak.

Keuntungan mengolah botol plastik

Botol-botol plastik tentu seharusnya hanya dipakai sekali. Ketika diolah kembali sebaiknya botol-botol plastik ini tidak digunakan untuk keperluan makan dan minum lagi karena sudah banyak tercemar. Oleh karena itu pengolahan botol plastik ini sebaiknya digunakan untuk keperluan dekorasi atau keperluan lainnya.

Banyak botol plastik dan kaca yang berubah fungsi sebagai media tanam atau pot. Ini sangat baik karena anda akan mengurangi sampah yang ada disekitar anda. Cara ini sangat mudah walaupun tidak bernilai tinggi.

Botol-botol kaca juga sebaiknya tidak dipergunakan lagi karena akan sangat berbahaya. Banyak orang yang menggunakan botol bekas kecap atau bekas minuman untuk digunakan sebagai tempat kecap olahan. Mereka hanya mencuci botol kemudian menggunakannya kembali. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi anda. Sebaiknya botol-botol kaca tersebut tidak dipergunakan untuk hal yang berhubungan dengan konsumsi.

Jika anda mempunyai botol bekas minuman, sebaiknya anda merusak kemasan dan label sebelum dibuang. Hal ini akan mengurangi kecurangan dengan menggunakan botol bekas dipasaran. Banyak sekali cara mengolah botol-botol menjadi rupiah yang bisa anda pelajari.

Selain mendapatkan uang anda bisa membantu mengurangi sampah lingkungan. Anda bisa menghadiri seminar lingkungan untuk mengetahui berbagai cara menyelamatkan lingkungan dengan media sampah. Sebaiknya anda menularkan kebiasaan anda ini kepada orang lain agar semakin banyak orang yang mengembangkan kebiasaan baik ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s