Ketahui, Peduli, dan Cintailah Lingkungan

Masalah lingkungan telah menjadi keprihatinan bagi sebagian besar masyarakat dunia. Telah banyak organisasi – organisasi non-profit yang bergerak demi melestarikan lingkungan hidup kita. Dari semua masalah lingkungan, isu pemanasan global lah yang paling banyak mendapat sorotan semenjak isu ini menjadi inti atau awal bagi munculnya isu – isu lingkungan lainnya.

Ada Sebab; Ada Akibat

Pemanasan global sendiri terjadi karena dua hal utama yaitu, karena ulah manusia dan secara alamiah disebabkan oleh alam.

Secara natural, tundra dan lahan basah juga ikut ambil bagian dalam proses ini. Kedua tumbuhan ini menghasilkan gas methana yang juga merupakan gas rumah kaca. Gas rumah kaca ini berperan menahan panas matahari di atmosfer. Selain itu, penyebab alamiah lainnya adalah sebenarnya bumi memang mempunyai siklus perubahan iklim alami yang biasanya berlangsung hingga 40.000 tahun.

Manusia turut pula bertanggung jawab menjadi penyebab dari pemanasan global dan bahkan menyumbangkan kerusakan terbesar. Semua berawal dari sebuah proses revolusi industri yang menyebabkan berbagai teknologi baru dipergunakan demi kepentingan pabrik. Proses ini berujung pada terjadinya transmigrasi secara besar – besaran dari desa ke kota dan dibabatnya banyak lahan hijau untuk membangun perumahan ataupun sektor industri.

Yang menjadi penyumbang faktor pemanasan terbesar dari manusia adalah pemakaian teknologi yang menggunakan bahan bakar fosil dan batu bara. Hasil gas buang pembakaran kedua bahan ini menghasilkan gas rumah kaca lain yang disebut karbon dioksida (CO2). Gas ini akan terkumpul di atmosfer bumi dan akan menjadi penghalang bagi panas matahari untuk dipantulkan ke luar bumi. Hal tersebut tentu menyebabkan panas bumi meningkat.

Selain itu, pengrusakan hutan atau lahan hijau oleh manusia juga semakin memperparah keadaan. Pohon yang bertugas mengubah CO2 menjadi O2 tidak dapat dengan maksimal dimanfaatkan karena kita menghabiskan pohon – pohon demi membangun property yang kita miliki saat ini.

Dengan kata lain, kita mengambil keuntungan dari sumber daya alam namun sama sekali tidak memberikan timbal balik apapun pada alam. Pada akhirnya kita mendapatkan apa yang menjadi momok bagi kita saat ini, yaitu global warming.

Dimulai Dari Dirimu Sendiri

Pemanasan global merupakan masalah lingkungan yang setiap dari kita wajib berkontribusi karena setiap hari pastilah kita menggunakan listrik ataupun bahan bakar fosil yang berpengaruh besar dalam menyumbang kepadatan CO2 di atmosfer bumi.

Menghemat listrik adalah hal paling mudah yang dapat kita lakukan. Dengan mematikan alat – alat listrik atau lampu yang tidak digunakan, akan sangat membantu penghematan energy yang mana pembangkit tenaga listrik kita kebanyakan berbahan bakar fosil. Bila hal ini disadari dan dilakukan oleh banyak orang niscaya akan menghasilkan sesuatu yang lebih.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pohon menjadi faktor penting dalam mengontrol jumlah gas CO2 di udara. Oleh karena itu menanam satu batang pohon di halaman rumah masing – masing tidak akan menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Ada baiknya pohon yang ditanam adalah pohon rumpun bamboo karena jenis ini 4 kali lebih efektif dalam mengkonversi gas CO2 menjadi O2.

Mengurangi penggunaan kertas dan plastik pun akan sangat membantu. Dengan menghemat penggunaan kertas berarti kita juga turut menghemat jumlah pohon yang harus ditebang setiap tahunnya untuk membuat selembar kertas. Plastik pun merupakan bahan yang sulit terdaur ulang secara alamiah. Jadi dengan mengurangi penggunaannya, pencemaran lingkungan pun akan turut terkurangi.

Terakhir adalah kurangi penggunaan transportasi pribadi. Naiklah sepeda atau transportasi umum. Dengan begitu, jumlah media transportasi yang menghasilkan emisi CO2 dapat dikurangi kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s