CSR Dalam Melindungi Kelestarian Lingkungan

Sekilas Mengenai CSR

Kerusakan lingkungan hidup mengakibatkan dampak buruk pada seluruh aspek kehidupan manusia. Kerusakan lingkungan hidup dari hari ke hari semakin parah dan dampaknyapun sekarang sudah dirasakan oleh setiap orang.

Dampak kerusakan lingkungan hidup yang sekarang sedang hangat diperbicangkan oleh banyak kalangan adalah perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global atau global warming.

Berbagai dampak dari kerusakan alam diantaranya yaitu banyaknya bencana alam yang terjadi karena ulah manusia sendiri, banyak spesies hewan langka yang punah, pencemaran lingkungan baik di lingkungan air, udara, dan tanah dan masih banyak lagi dampak buruk dari kerusakan lingkungan.

Sebenarnya manusia menyumbang peran yang besar dalam kerusakan lingkungan hidup. Salah satunya kegiatan manusia berkaitan dengan dunia industri. Kegiatan industri tidak hanya menggunakan sumber daya manusia tetapi juga sumber daya alam sebagai bahan baku untuk proses produksi.

Dalam waktu singkat berkat kecanggihan teknologi dengan mudah sumber-sumber daya alam seperti batu bara, pohon atau tanaman, minyak bumi, air, gas, binatang, dan tanah dioleh menjadi berbagai produk industri seperti bahan bakar, kertas, produk makanan dan minuman dan tanah atau kawasan hutan berubah menjadi lahan perkebunan dan lahan pertanian.

Untuk itu, menjaga dan melestarikan keseimbangan lingkungan, pihak swasta dalam hal ini para pengusaha terutama yang kegiatan industrinya dominan berkaitan dengan sumber daya alam harus memiliki tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan.

Salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan tersebut yaitu melalui program CSR atau Corporate Social Responsibility di bidang lingkungan hidup. Dengan program CSR ini perusahaan dapat berproduksi dan mendapatkan keuntungan ekonomi tanpa harus merusak kelestarian lingkungan.

CSR merupakan bagian dari program pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) yang berfokus kepada pembangunan ekonomi dan sosial yang merata dan juga perlindungan kelestarian lingkungan.

Di Indonesia sendiri CSR sudah jelas di atur di UU 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang Perseroan Terbatas yang salah satunya isinya yaitu bahwa perusahaan wajib melakukan CSR dan jika tidak melakukan akan dikenai sanksi.

Penentu Keberhasilan CSR Dalam Melindungi Keletarian Lingkungan

Terdapat berbagai contoh wujud nyata kegiatan dari program CSR dalam bidang lingkungan, diantaranya yaitu pembuatan taman dan ruang terbuka pada kawasan perkotaan, penanaman pohon, perusahaan menghemat penggunaan sumber daya alam atau mengganti dengan sumber daya alam lain atau energi alternatif, pendaur-ulangan atau recycle produk-produk yang dihasilkan sehingga bisa lebih berguna dan perusahaan memberikan pelatihan dan pendidikan terkait pelestarian lingkungan hidup.

Berbagai contoh kegiatan CSR sebagai bagian dari program pembangunan berkelajutan, menuntut peran semua pihak baik pemerintah, pihak swasta bahkan masyarakat. Program CSR yang dilakukan oleh pihak swasta dalam hal ini para pengusaha tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan berbagai pihak.

Agar CSR dapat berjalan dengan baik maka diperlukan pengelolaan dalam kegiatannya. Salah satunya adalah melalui MRV (Measurable Reportable Verifiable) yaitu pengaturan pengelolaan dana CSR dimana dana tesebut diukur, dilaporkan dan diverifikasi.

Pada saat program CSR dijalankan juga diperlukan evaluasi dan monitoring jalannya program CSR, dalam hal ini dilakukan sendri oleh perusahaan penyelenggara CSR tetapi akan jauh lebih baik jika terdapat pihak luar seperti dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), lembaga pemerintah ataupun universitas.

Selain itu, program CSR harus sistematis dan dirancang sebagai program pembangunan berkelanjutan. Dan terakhir yaitu perusahaan harus mengubah pandangan bahwa CSR bukan hanya sekedar kewajiban dan berderma saja tetapi sebuah niat baik yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s