Tips Termudah Menyelamatkan Lingkungan dari Bencana Pemanasan Global

Fakta Seputar Pemanasan Global

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pemanasan global atau global warming menjadi sebuah bencana yang harus kita hadapi. Banjir dan kekeringan hanyalah salah satu dampak kecil dari kondisi yang disebabkan oleh efek rumah kaca tersebut.

Jika dapat diprediksi, mungkin dampak terburuk dari global warming adalah melelehnya lapisan-lapisan es di Kutub Utara dan Selatan yang akan membuat tinggi rata-rata permukaan air laut naik, menenggelamkan beberapa daerah.

Dengan menipisnya daratan, dan semakin meningkatnya jumlah populasi manusia, tentu ini akan berdampak pada berkurangnya supply makanan dan air, menimbulkan kekeringan dan kelaparan di seluruh dunia. Saya rasa tidaklah berlebihan apabila kita menyalahkan diri kita sendiri, sebagai manusia, sebagai penyebab pemanasan global ini.

Banyak illegal logging terjadi di beberapa kawasan hutan lindung yang seharusnya mampu menyerap karbondioksida dan memasok oksigen. Lebih buruk lagi, asap-asap hasil pembakaran industri dan kendaraan juga salah satu penyebab utama efek rumah kaca. Jika dibiarkan tanpa ada solusi secepatnya, kita tinggal menghitung waktu sampai bumi ini benar-benar rusak.

Tentu kita tidak mau hal itu terjadi. Bukan karena bertahan hidup adalah salah satu tujuan manusia, tetapi karena bumi hanyalah satu-satunya tempat yang bisa kita tinggali. Mau tidak mau kita harus bekerja keras untuk menjaga dan menyelamatkannya.

Tips Mengurangi Dampak Pemasan Global

Untungnya anda tidak perlu bekerja keras untuk dapat menyelamatkan planet ini. Yang harus anda lakukan hanyalah merubah gaya hidup saja. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab pemanasan global adalah banyaknya jumlah gas karbon di atmosphere.

Untuk mengatasi hal ini, anda hanya perlu mengurangi pemakain kendaraan bermotor dan beralih ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti angkutan umum ataupun sepeda. Akan lebih baik apabila anda juga mengikuti beberapa organisasi-organisasi penyelamatan lingkungan untuk menambah area terbuka hijau.

Beberapa organisasi akan meminta donasi (yang tentu besar donasi terserah pada kemampuan anda) dan akan berjanji untuk membeli pohon dan menanamnya dengan uang yang sudah mereka kumpulkan.

Selain itu, perubahan gaya hidup yang harus anda lakukan adalah mengurangi pemakaian plastik. Kita tahu bahwa plastik butuh jutaan tahun untuk bisa terurai bersama tanah. Ini menyebabkan jumlah plastik dan sampah di dunia selalu bertambah.

Hindari memakai tas plastik saat berbelanja bisa menjadi salah satu solusi paling mudah. Untuk menggantinya, gunakan tas ramah lingkungan yang kini sudah tersedia di pasaran dan dapat ditemukan dengan mudah.

Anda juga harus sebisa mungkin menghemat energy. Matikan alat-alat elektronik apabila tidak dibutuhkan dan jangan meninggalkannya dalam keadaan standby karena pada kondisi tersebut masih menggunakan energy. Akan lebih baik apabila anda mengurangi penggunaan AC atau air conditioner secara berlebihan dan menggantinya dengan kipas angin biasa yang lebih ramah lingkungan.

Hematlah air bersih sebisa mungkin. Salah satu dampak dari global warming adalah kekeringan. Beberapa mata air mati karena tidak adanya resapan yang diakibatkan oleh penebangan hutan secara liar. Gunakan air sebijaksana mungkin.

Jika anda mau, walaupun mungkin akan terdengar sangat susah, anda juga bisa memulai untuk hidup secara vegetarian. Kita tahu bahwa sekarang permintaan daging ternak naik luar biasa tinggi di pasaran. Ini menyebabkan peternak untuk meningkatkan produksi mereka.

Padahal, gas metana yang dihasilkan oleh ternak adalah salah satu contributor gas rumah kaca. Sehingga menjadi seorang vegetarian, atau paling tidak mengurangi konsumsi daging dapat anda lakukan untuk bisa berkontribusi dalam penyelematan lingkungan.

Mulailah sekarang juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s