Taman Kota, Keselarasan lingkungan dengan perkotaan

Taman kota adalah suatu taman yang dibuat di dalam sebuah kota yang mempunyai tujuan utama sebagai paru-paru kota tersebut.

Dewasa ini banyak pemimpin dari berbagai daerah yang sudah tersadar akan pentingnya taman kota. Mereka mulai merencanakan dan membuat daftar anggaran untuk membangun sebuah taman kota.

Banyak manfaat yang ditawarkan saat suatu kota mempunyai sebuah taman kota.

Manfaat Hidrologi

Taman kota dipenuhi dengan berbagai tumbuhan, dan tumbuhan tersebut berperan dalam system hidrologis dan system penyerapan air yang mengurangi potensi terjadinya banjir, tumbuhan pada taman kota juga membantu peresapan air dari dalam tanah sehingga dapat mengatasi kekeringan saat musim kemarau.

Manfaat kesehatan

Tujuan utama sebuah taman kota adalah menjadi pari-paru dari kota tersebut agar udara dalam kota menjadi lebih bersih dan segar dengan cara menyerap nitrogen dan menghasilkan oksigen.

Manfaat ekologis

Semakin banyak dan beragam tumbuhan pada sebuah taman kota maka semakin banyak dan beragam binatang-binatang yang dapat hidup dan berkembang biak pada taman kota tersebut.

Taman kota juga berfungsi sebagai tempat refreshing. Saat hari-hari libur taman kota bisa digunakan sebagai tempat rekreasi kelurga dengan membawa seluruh anggota keluarga ke taman kota dan bermain bersama di taman kota tersebut.

Taman kota juga bisa digunakan tempat nongkrong para remaja saat weekend, banyak taman kota di tiap-tiap daerah saat malam minggu pasti dikunjungi para remaja-remaja yang ingin menghabiskan waktu malam mingguan mereka bersama teman dan pasangan mereka.

Taman kota juga tidak melupakan kegunaannya untuk sebuah sarana edukasi. Biasanya di taman kota terdapat sepetak tempat yang menyediakan permainan anak-anak yang bersifat edukasi dan membangun mental anak-anak tersebut seperti mini outbound.

Di Indonesia sendiri banyak taman-taman kota yang sudah terkenal dan juga menjadi salah satu tujuan wisata dari kota tersebut. Contohnya taman kota di daerah Dago (Bandung) dan di daerah Titik nol malioboro (Yogyakarta).

Kedua taman kota tersebut bukan hanya berfungsi sebagai taman kota, tetapi sudah menjadi tujuan wisata para wisatawan dari luar daerah. Karena di 2 taman kota tersebut (taman kota dago dan taman kota titik nol) mempunyai sebuah tatanan sebuah taman kota yang sangat bagus dan tempat yang strategis untuk wisatawan mengunjunginya.

Banyak kota-kota besar di dunia dengan taman kota yang luar biasa

Central Park, New York USA

Taman kota yang sangat terkenal didunia, Central Park Manhattan New York Amerika Serikat. Dengan luas 3,4 km2 taman kota ini dikunjungi sekitar 25 juta orang per tahun. Taman kota ini juga menjadi lokasi syuting film-film box office dunia.

Hebatnya, taman kota ini dapat menyatukan alam dengan kemajuan peradaban manusia yang pesat. Disekitar taman kota ini dikelilingi oleh bangunan pencakar langit. Dan itu tidak menggangu kestabilan ekosistem yang terdapat dalam taman kota central park New York ini.

Hyde park , London Inggris

Taman kota di London inggris mempunyai tempat-tempat bersejarah yang sangat luar biasa.

  1. Diana, Princess of Wales Memorial Fountain, adalah sungai kecil untuk menghormati Putri Diana, yang diresmikan oleh Ratu Elisabeth II pada 2004 silam.
  2. Rotten Row, jalan sepanjang 6,4 km ini digunakan sebagai jalur olah raga berkuda, bersepeda, dan jogging track
  3. Marble Arch, Pintu gerbang Buckingham Palace yang dibangun oleh John Nash pada tahun 1827
  4. Wellington Arch, Sudut selatan Hyde park yang menghubungkan dengan Green park. Dibangun pada tahun 1826 dan ditempatkan sebuah patung Duke of Wellington dan terdapat sebuah gallery yang terbuka untuk umum.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s