Program Penanggulangan Sampah

Banyak orang yang menyatakan bahwa sampah bisa jauh berkurang bila pemerintah mau menyediakan lebih banyak sarana penanggulangan sampah dan memberikan dukungan terhadap usaha penyuluhan mengenai sampah. Hal ini merupakan sesuatu yang menjanjikan bila dilakukan dengan benar.

Semakin banyak orang yang mengetahui mengenai daur ulang sampah, bahaya penumpukan sampah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan sampah, maka semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tindakan untuk menyebarkan pengetahuan tersebut berjalan melalui berbagai program pemerintah. Melibatkan sekolah dan instansi ke dalam program daur ulang merupakan langkah awal yang baik. Oleh karena itu akses dan berbagai kemungkinan untuk menyertakan program daur ulang pada sebuah instansi pendidikan atau swasta perlu dicermati lebih lanjut.

Instansi Pendidikan

Akses untuk berbagai penyuluhan dan program kebersihan pada instansi pendidikan sangat mudah dilakukan. Pendidikan merupakan tempat dimana menjaga kebersihan merupakan nilai yang baik. Kerapian dan kebiasaan untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan merupakan anjuran para pengajar di setiap waktu.

Dalam instansi pendidikan, tindakan sembrono dalam membuang sampah bisa jadi memalukan. Oleh karena itu jelas bahwa sasaran utama pemerintah untuk program kebersihannya adalah berbagai instansi pendidikan negeri ataupun swasta.

Jumlah sampah yang dihasilkan oleh instansi pendidikan setiap hari memperkuat alasan untuk menjadikan tempat ini sebagai sasaran. Kebanyakan pelajar menghabiskan waktu mereka setiap hari di sekolah ini berarti mereka akan membawa berbagai kebutuhan mereka ke sekolah.

Sumber lain dari sampah adalah kegiatan atau event pelajar serta kantin. Setiap pelajar pasti berkontribusi menyampahi area pendidikan. Mengadakan program kebersihan dan menyediakan banyak tong sampah di daerah ini merupakan hal yang tepat.

Perusahaan dan Instansi Lainnya

Setiap perusahaan dan instansi pasti dihuni oleh orang berpendidikan. Penjelasan mengenai bahaya sampah dan penanggulangannya pada kelompok masyarakat ini merupakan hal yang cepat dan mudah.

Bila pemahaman mengenai bahaya kelalaian penanggulangan sampah berhasil dijelaskan dengan baik dan meyakinkan maka semua instansi akan bergabung dalam program kebersihan pemerintah dengan mudah.

Semua orang menginginkan kebersihan di tempat mereka bekerja. Jadi tidak ada alasan bagi para pegawai dan pimpinan untuk menolak anjuran pemerintah untuk mengikuti program kebersihan.

Tindakan ini tentu saja dijalankan dengan harapan kebiasaan untuk hidup bersih dan teratur menjadi kebiasaan semua orang. Kebiasaan tersebut pada akhirnya mempengaruhi lebih banyak orang lagi sehingga sebuah kota yang bersih dan nyaman dapat dicapai.

Dukungan pemerintah terhadap kebersihan lingkungan memiliki musuh besar yang setiap saat mengancam. Musuh yang bernama korupsi ini akan menghambat setiap aliran dana dari pemerintah untuk mendukung kebersihan lingkungan. Koruptor semacam ini jelas lebih mementingkan diri sendiri daripada lingkungan. Aksi mereka bisa dibatasi dengan mengganti uang dengan barang.

Upaya kebersihan tidak membutuhkan uang, tapi membutuhkan alat. Ketersediaan berbagai alat kebersihan dan tong sampah merupakan hal yang dibutuhkan dalam penanggulangan kebersihan di berbagai instansi pendidikan atau perusahaan-perusahaan. Oleh karena itu pemerintah tidak perlu membagi-bagikan sejumlah uang ke kantong para koruptor.

Pemerintah akan jauh lebih membantu bila membagi-bagikan tong sampah dan berbagai peralatan kebersihan. Walaupun langkah ini tidak efisien dan tidak menjamin terbebasnya program dari korupsi namun penyelewengan barang sedikit lebih sulit daripada penyelewengan uang.

Dengan ini diharapkan bantuan yang ditujukan untuk penanggulangan sampah dan program kebersihan sampai ke tangan pelaksana dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Kebersihan di berbagai tempat pendidikan, perkantoran, dan tempat-tempat umum merupakan cita-cita banyak orang. Untuk mencapai hal ini kerja sama dan kepedulian kolektif masyarakat diperlukan dalam setiap tindakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s