Peduli Lingkungan dengan Daur Ulang

Setiap orang di seluruh dunia memiliki kontribusi dalam mengotori lingkungan. Namun hanya sedikit orang yang memperhatikan cara untuk menjaga lingkungan supaya tetap nyaman untuk ditinggali.

Orang-orang yang memperhatikan lingkungan mereka hanyalah segelintir aktivis peduli lingkungan atau orang-orang yang terpaksa peduli karena pekerjaan mereka berhubungan dengan lingkungan. Pendapat ini beralasan karena cara penanggulangan sampah merupakan sesuatu yang sudah diusahakan oleh berbagai ahli.

Ketika solusi daur ulang didapatkan banyak orang yang enggan untuk mengetahui dan memperhatikan. Hingga saat ini penyebaran pengetahuan mengenai solusi tersebut atau jumlah orang yang membutuhkan tong sampah untuk membuang sampah masih bergerak perlahan.

Penyebaran Kebiasaan Membuang Sampah

Penyebaran kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dibebankan pada kaum berpendidikan. Setiap orang yang pernah mengalami pendidikan formal pasti pernah mendengar berbagai dorongan dan bujuk rayu para pengajar untuk membuat semua pelajar membuang sampah pada tempatnya. Saat ini bujukan tersebut disertai dengan ancaman.

Cerita mengenai global warming dan hal-hal buruk yang akan menimpa bumi bila tidak membuang sampah pada tempatnya dilontarkan. Pemahaman mengenai pentingnya daur ulang juga disebarkan dengan gencar pada bangku sekolah.

Berbagai demonstrasi penyortiran sampah dilakukan sehingga semua pelajar memahami proses pembuangan sampah yang mendukung penyebaran pengetahuan tersebut lebih lanjut pada masyarakat yang lebih luas.

Apabila semua mahasiswa mulai membuang sampah pada tempatnya dan membantu penyortiran pada saat melakukannya, lambat-laun semua orang akan mengikutinya dan lingkungan menjadi lebih bersih. Bila masyarakat enggan mengikuti pelajar maka kita terpaksa menunggu masyarakat yang tidak peduli lingkungan tersebut menghilang dimakan waktu.

Sementara itu generasi baru yang tertib dalam membuang sampah tetap dipupuk. Cara ini mungkin tidak akan menghasilkan perubahan yang nyata namun lebih mudah dilakukan. Kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan tidak akan terjadi dalam waktu cepat. Namun pada akhirnya cara tersebut pasti akan menghasilkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Daur Ulang

Hal yang perlu diketahui untuk mendukung proses daur ulang adalah cara memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak bisa didaur ulang. Kebanyakan sampah yang dihasilkan manusia masa kini bisa didaur ulang.

Botol plastik, kertas, kaleng minuman, merupakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Yang tidak bisa didaur ulang adalah segala hal yang membusuk seperti sayuran dan sisa makanan. Pengetahuan ini akan membantu dalam memisahkan sampah dan membuangnya pada tempat sampah yang sesuai dengan jenis sampah.

Beberapa sampah yang bisa di daur ulang dapat digunakan untuk menghasilkan uang tambahan. Sampah yang bisa didaur ulang ini biasanya merupakan bahan kering yang tidak mengeluarkan bau. Pada waktu luang anda bisa memisahkan sampah tertentu seperti kertas, botol plastik, dan aluminum dan mengantarkannya sendiri ke tempat penampungan sampah untuk mendapatkan uang.

Keberadaan sampah ini juga bisa digunakan untuk mengajak orang tertentu membantu anda membuang sampah anda. Hal-hal kecil seperti ini sudah jarang diperhatikan orang kecuali para pemulung.

Mereka yang memiliki kontribusi cukup besar dalam daur ulang sampah serta memiliki akses yang kian terbatasi. Hal ini berhubungan dengan kontribusi mereka pada pertambahan jumlah kemalingan. Pakaian mereka yang tidak layak juga membatasi mereka untuk memasuki tempat-tempat tertentu yang justru merupakan sumber sampah terbesar.

Kita memang membutuhkan agen sampah yang lebih baik daripada pemulung. Namun ide mengenai petugas kebersihan merupakan sesuatu yang berkaitan dengan birokrasi pemerintah. Oleh karena itu mengingat kepedulian pemerintah yang masih relatif kecil terhadap sampah, maka mendapatkan agen penanggulangan sampah yang lebih baik saat ini belum masuk akal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s