Menyelamatkan Lingkungan Langsung Dari Rumah Anda

Rusaknya Lingkungan Oleh Tangan Manusia

Sekarang banyak dari kita yang sangat peduli akan kesinambungan lingkungan. Mungkin hal ini didasari oleh fakta bahwa bumi ini sudah rusak. Bagaimana tidak? Lihat saja cuaca yang kini tidak lagi dapat diprediksi. Musim dingin yang terlalu panjang di negara-negara eropa contohnya.

Di negara sendiri, hujan di musim kemarau membuat petani susah untuk merencanakan proses produksi. Lebih buruk lagi, banyak bencana alam melanda negara-negara di dunia. Badai salju, kekeringan, bahkan salah satu bencana tahunan negeri ini, banjir di Jakarta.

Tidak pantas rasanya apabila hal-hal ini disebabkan oleh alam. Karena pada kenyataanya, kita sebagai salah satu makluk terkuat penguasa planet ini lah yang mengakibatkannya.

Bagaimana tidak? Kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan masih dibilang sangat kurang. Orang dengan mudahnya membuang sampah secara sembarangan di sungai dan selokan. Pada musim hujan lebat saat ini, hal-hal inilah yang mengakibatkan banjir besar.

Tidak hanya itu, illegal logging membuat beberapa pulau tidak memiliki daerah resapan air. Bahkan karena tidak adanya daerah hijau, tingkat karbon di udara menjadi semakin naik, yang mana merupakan salah satu penyumbang terbesar pemanasan global.

Lalu, apakah kita hanya akan tinggal diam saja, tidak melakukan apa-apa, dan menunggu bumi ini, tempat tinggal kita satu-satunya, rusak? Tentu tidak. Perubahan termudah, terkecil, namun mampu memberi dampak besar bagi bumi bisa dimulai dari diri anda sendiri. Berikut adalah cara-caranya.

Cara Termudah Menyelamatkan Lingkungan

Yang paling mudah bisa dimulai dari rumah dan gaya hidup anda. Jangan terlalu sering menggunakan AC atau Air Conditioner jika tidak digunakan. Beberapa orang sering meninggalkan rumah dengan keadaan AC yang masih menyala, dengan harapan rumah akan tetap dingin ketika mereka kembali dari aktifitas di luar.

Pada kenyataanya, AC mengambil banyak sekali energy. Padahal kita harus menghemat energy untuk menyelamatkan bumi. Jika anda ingin melakukan perubahan, akan lebih baik apabila anda mulai menggunakan kipas angin. Ia lebih ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozone.

Selain AC, lebih baik matikan alat-alat elektronik lain apabila tidak digunakan. Beberapa dari kita sering meninggalkan laptop atau pun pesawat TV dalam keadaan standby. Walaupun kecil, benda-benda ini tetap mengkonsumsi energy. Anda harus lebih bijaksana dalam menggunakan energy di sekitar.

Selain masalah energy, satu hal penting yang harus mendapatkan perhatian penting dari anda adalah masalah sampah. Seperti yang saya sebutkan di atas, sampah merupakan masalah paling serius dalam kerusakan lingkungan.

Biasakan membuang sampah pada tempatnya dan ajak masyarakat sekitar untuk mulai peduli pada kebersihan lingkungan sekitar.

Jika perlu, anda juga bisa mulai membiasakan diri untuk mendaur ulang. Untuk sampah organik, anda bisa membuatnya menjadi pupuk kompos. Sementara untuk sampah non-organik, anda bisa mendistribusikannya pada beberapa organisasi pecinta lingkungan untuk di daur ulang.

Selain peduli pada masalah kebersihan, anda juga harus mengurangi pemakaian plastik. Kita tahu bahwa benda-benda yang terbuat dari plastik butuh waktu jutaan tahun untuk terurai dengan tanah. Platik juga tidak bisa dibakar karena mengandung racun.

Cara terbaik untuk mengurangi jumlah pastik di lingkungan sekitar adalah dengan mengurangi pemakaiannya. Ketika berbelanja, tolak apabila pegawai cash register menawarkan anda untuk menggunakan tas plastik. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa membawa tas yang terbuat dari kain dan bahan-bahan ramah lingkungan yang sekarang sangat tersedia di pasaran.

Lakukan perubahan mulai dari diri anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s