Kerusakan Alam

Dengan kemajuan peradaban manusia yang pesat, banyak manusia berubah menjadi lebih sombong dan egois terhadap diri sendiri tanpa memikirkan alam dan lingkungan sekitar mereka.

Padahal lingkungan dan alamlah yang mendukung kehidupan manusia dibumi ini. Tanpa lingkungan alam maka manusia pasti tidak akan bisa hidup lama di bumi ini. Tapi mengapa manusia semakin jauh dari peduli terhadap alam.

Kerusakan alam terjadi dimana-mana. Tidak hanya kota-kota besar yang menggusur tempat tumbuhan lantas dijadikan perumahan dan bangunan-bangunan, bahkan di daerah pelosok pun banyak terjadi kerusakan alam. Banyak faktor yang menyebabkan manusia merusak habitat alam ini.

1. Faktor Alam

Kerusakan akibat gunung berapi

Saat sebuah gunung berapi meletus, gunung tersebut memuntahkan banyak benda yang dapat merusak bahkan menghancurkan lingkungan dan alam sekitar.

Biasanya gunung tersebut dapat mengeluarkan benda vulkanik padat, abu vulkanik yang merusak perkebunan, aliran lahar yang membuat dangkal aliran sungai, gas yang mengandung racun, lava yang melelehkan dan saat dingin akan membeku dan menjadi batu.

Kerusakan akibat gempa bumi

Gempa bumi yang dahsyat bisa membuat retak sebagian tanah yang terkena gempa bumi tersebut. Lebih parahnya lagi jika gempa terjadi dilaut, dapat terjadi tsunami yang bukan hanya merusak dan menghancurkan lingkungan tetapi juga mematikan bagi kehidupan manusia.

Angin Ribut

Angin ribut adalah kumpulan angin dahsyat yang dapat merusak segala sesuatu yang dilewatinya. Kejadian biasanya terjadi di bagian Amerika yang mempunyai gurun-gurun yang datar dan sangat luas.

Kerusakan alam akibat iklim

Saat kemarau berkepanjangan, banyak terjadi kekeringan di daerah-daerah tertentu yang mengakibatkan matinya tumbuh-tumbuhan, pertanian dan perkebunan di daerah tersebut.

Bukan hanya ekosistem daratan, bahkan di ekosistem air pun saat terjadi perubahan iklim ini akan terjadi gangguan seperti kekeringan yang akan merusak semua ekosistem yang ada di sungai.

2. Faktor Manusia

Penggundulan Hutan

Penggunduluan ini bisa terjadi akibat dari desakan ekonomi masyarakat. Karena harga jual log kayu yang sangat mahal maka banyak masyarakat memanfaatkan kondisi dengan menebang pepohonan dan menjual kayu tersebut keluar daerah.

Penggundulan hutan juga terjadi karena kurangnya lahan manusia untuk membangun gedung-gedung, perumahan, dan kebutuhan lahan manusia yang lain.

Hasil limbah industri

Semakin pesatnya perkembangan peradaban manusia berdampak juga dengan berkembangnya perindutrian. Ada perindustrian yang menggunakan bahan yang aman untuk lingkungan, tetapi lebih banyak industri yang menggunakan bahan yang merusak dan meracuni lingkungan sekitar.

Tidak hanya merusak lingkungan, bahan yang berbahaya ini juga sering meracuni penduduk sekitar. Sudah Banyak tragedi terjadinya keracunan massal akibat limbah industri berbahaya yang tidak di tangani dengan baik.

Buang sampah sembarangan

Sampah adalah hasil dari aktivitas manusia. Ada sampah yang bisa diurai oleh tanah, tapi ada juga sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah seperti plastik. Maka dari itu, dengan membuang sampah pada tempatnya akan mengurangi resiko ini.

Karena saat kita membuang sampah-sampah yang tidak bisa di urai oleh tanah pada tempatnya maka sampah tersebut bisa di daur ulang lagi dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Faktor-faktor yang diakibatkan oleh manusia ini juga bisa memicu faktor-faktor alam.
Maka dari itu mulai dari sekarang sepatutnya kita menjaga lingkungan kita agar serasi dan selaras dengan alam. Saat alam serasi maka kelangsungan hidup manusia akan menjadi lebih aman, tentram dan lebih bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s