Tips Mudah Menyelamatkan Lingkungan Langsung dari Rumah Anda

Rusaknya Lingkungan Sekitar

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan di sekitar. Hal yang paling penting yang harus kita miliki hanyalah kesadaran dan komitmen seumur hidup untuk menjaga bumi tempat tinggal kita satu-satunya ini.

Kenapa kita harus mulai melakukan yang terbaik untuk planet ini?

Tentu untuk mengatasi berbagai macam masalah lingkungan yang dilakukan oleh banyak orang-orang tidak bertanggung jawab.

Kerusakan lingkungan di planet ini bisa dibilang sudah mencapai level yang sangat parah. Jutaan hektar hutan dibabat habis oleh para pelaku illegal logging. Tidak hanya ketiadaan hutan merupakan faktor utama penyebab pemanasan global, tetapi juga membuat satwa-satwa langka kehilangan tempat tinggalnya.

Tidak hanya di darat saja, kerakusan manusia bahkan sampai ke laut. Nelayan-nelayan serakah tidak lagi menggunakan jaring sebagai alat penangkap ikan, tetapi kini mereka beralih menggunakan bahan peledak yang membunuh semua biota laut seperti kerang dan koral di sekitarnya.

Keserakahan manusia ini tidak akan pernah hilang. Sudah menjadi tugas kita untuk terus mengingatkan mereka agar mau membuat bumi menjadi sebuah tempat tinggal yang lebih baik.

Lalu apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi yang sudah terlanjur rusak ini?

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk dapat berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan.

Menyelamatkan Lingkungan Langsung dari Rumah Anda

Hal yang paling mudah adalah dengan memulainya dari diri anda sendiri. Ketika anda sedang di rumah misalnya, akan lebih baik apabila anda menghindari penggunaan AC atau air conditioner yang berlebihan dan beralih menggunakan kipas angin apabila diperlukan. Ini dikarenakan fakta bahwa AC akan mengkonsumsi banyak energy.

Selain itu, beberapa AC type lama juga merusak lapisan ozon. Berhenti menggunakan, atau paling tidak mengurangi pengurangan benda ini akan membantu kita dalam memerangi pemanasan global.

Selain teknologi pendingin ruangan, akan lebih baik apabila anda tidak menggunakan mesin cuci dan beralih mencuci pakaian dengan cara manual. Ini dikarenakan mesin cuci mengkonsumsi banyak sekali air, lebih dari 100 liter air sekali dalam sekali pencucian. Penghematan air pentiing dalam penyelamatan lingkungan.

Selain itu, usahakan mengeringkan pakaian dengan dijemur di bawah sinar matahari saja, jangan menggunakan dryer karena ia juga menggunakan energy yang relative lebih besar.

Anda juga harus memastikan keran kamar mandi anda tertutup rapat dan tidak bocor. Hematlah air sebisa mungkin. Banyak sumber mata air yang sudah mengering. Entah berapa lama lagi bumi bisa menopang kebutuhan harian air kita. Jadi berhematlah semaksimal mungkin.

Matikan alat-alat elektronik yang sedang tidak anda gunakan. Ini dikarenakan walaupun dalam keadaan standby, alat elektronik tersebut masih menggunakan energy yang banyak.

Selain hal-hal yang bisa anda lakukan di rumah, ada baiknya juga anda mengurangi menggunakan plastik. Ingat, plastik membutuhkan jutaan tahun untuk dapat terurai. Jika berbelanja, gunakanlah tas pribadi sebagai wadah bahan-bahan yang anda beli dan menolak menggunakan kantung plastik dari toko.

Jika diperlukan, pengurangan pemakaian plastik juga bisa diimbangi dengan mendaur ulangnya. Daur ulang benda-benda non-organik mungkin bisa dikatakan sulit. Tapi jika mau, anda bisa mencari beberapa jasa perusahaan yang bekerja dalam bidang ini. Nokia misalnya, mereka menerima donasi charger, baterai atau bahkan ponsel bekas untuk di daur ulang.

Untuk daur ulang organik, anda bisa membuat pupuk dari sampah organik tersebut. Agak sedikit repot mungkin. Tapi percayalah,hal ini sangat berguna bagi keberlangsungan hidup kita di planet ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s