Sungai Bersih Untuk Hidup Lebih Baik

Lingkungan yang bersih adalah kunci dari tubuh yang sehat. Ada banyak orang yang merasa tidak nyaman saat lingkungan tempat tinggalnya kotor dan tidak terawat. Berbagai macam cara harus dilakukan jika anda ingin mendapatkan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Kesehatan bisa dikatakan sebagai hal yang paling utama dalam kehidupan. Tanpa tubuh yang sehat, anda tidak akan bisa menikmati hidup. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat, anda harus bisa menjaga kebersihan lingkungan anda.

Kadang kala penyebab dari kerusakan lingkungan yang terjadi adalah masyarakat sendiri. Membuang sampah ke tempat yang tidak seharusnya akan memberikan dampak yang kurang baik kepada lingkungan.

Sampah yang berserakan ataupun menumpuk di tempat yang tidak seharusnya akan menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Sampah ā€“ sampah rumah tangga yang mungkin membawa banyak kuman dan bakteri ini akan mencemarkan lingkungan jika tidak dibuang pada tempatnya.

Sudah banyak lingkungan yang berubah menjadi kumuh dan tidak sehat karena masyarakatnya yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Tanpa tubuh yang sehat, anda tidak akan bisa menikmati hidup anda. Banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh anda jika anda tidak segera melakukan pembersihan pada limbah dan sampah yang berserakan.

Mengetahui bahaya dan kerugian yang akan diberikan oleh kebiasaan membuang sampah sembarangan, pemerintah mencoba untuk memberikan himbauan tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah salah satu daerah yang paling merasakan dampak buruk dari kebiasaan masyarakatnya yang membuang sampah di sungai. Hampir setiap tahun wilayah Jakarta sering terkena banjir yang cukup tinggi.

Banjir yang mengganggu aktifitas masyarakat ini disebabkan oleh meluapnya air sungai karena pendangkalan yang terjadi. Pendangkalan ini terjadi karena sampah yang dibuang sembarangan ke sungai.

Pemerintah Jakarta sendiri telah melakukan berbagai macam upaya, salah satunya dengan memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai yang ada di daerah Jakarta kepada masyarakat.

Menumpuknya sampah yang ada di sungai memang tidak lepas dari aktifitas masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

Pemerintah yang tidak ingin bencana lebih besar terjadi mulai bertindak tegas dengan menyiapkan berbagai macam hukuman dan denda yang diharapkan akan memberikan efek jera pada pelaku pembuang sampah ke sungai atau tempat lain selain tempat sampah.

Usaha lain yang juga dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan pengerukan dasar sungai agar lebih dalam. Usaha pengerukan ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari masyarakat yang berhenti membuang sampah sembarangan.

Setiap usaha yang dilakukan oleh pemerintah ini diharapkan akan membuat para warga yang membuang sampah ke sungai menjadi lebih mengerti bahwa sungai sangat penting untuk kehidupan masyarakat jika tetap dijaga kebersihannya.

Semua peringatan, denda, dan hukuman yang dibuat akan menjadi hal yang membuat para pelaku pembuang sampah takut. Banyaknya sampah yang ada di sungai membuat kuman dan bakteri juga banyak bersarang di sungai.

Mayoritas masyarakat bantaran sungai yang miskin menjadikan sungai sebagai tempat mereka melakukan kegiatan mencuci. Kegiatan mencuci baju bahkan peralatan makan ini sangat berbahaya.

Air sungai yang tidak sehat dan bahkan membawa banyak kuman akan membuat kesehatan tubuh dan kulit warga tersebut menjadi terganggu. Sungai yang jernih dan bersih akan menjadi sumber kehidupan untuk ikan ā€“ ikan sungai. Masyarakat juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit ā€“ penyakit yang membahayakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s