Pengendalian Pencemaran Lingkungan

Pemanasan global memang patut menjadi perhatian khusus kita. Bagaimana tidak, berbagai efek yang ditimbulkan akibat pemanasan global ini sudah menjadi masalah kita bersama. Semua media selalu membahas dampak dari pemanasan global ini, namun hanya segelintir orang yang sebenarnya benar-benar peduli dengan kerusakan besar di bumi ini.

Sebagian besar dari kita justru lebih disibukkan dengan hal-hal pribadi yang bahkan sangat berdampak pda kerusakan global.

Lihat saja gaya hidup kita yang sangat kompleks ini, mulai dari penggunaan produk-produk tidak ramah lingkungan, kendaraan bermotor, limbah dari industri besar atau rumahan serta gaya hidup yang tidak sehat sangat memicu terjadinya pemanasan global.

Apalagi ditambah dengan penebangan hutan secara merajalela, secara tidak langsung akan berdampak kepada kesehatan lingkungan tempat tinggal kita.

Isu pemanasan global atau yang lebih familiar dikenal dengan Global Warming dipicu oleh ulah umat manusia di bumi yang tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Seperti yang bisa kita lihat dan rasakan langsung, efek pemanasan global membuat cuaca terasa jauh lebih panas, kondisi air bersih yang semakin menipis, musim yang tidak berketentuan, jika musim hujan banjir di mana-mana, jika kemarau kekeringan akan terjadi di mana-mana.

Perubahan cuaca ekstrim ini adalah dampak langsung dari pemanasan global. Gelombang laut pasang yang lebih menggila dan sering menyebabkan banjir rob dan abrasi pantai yang sering terjadi juga akibat dari pemanasan global.

Tapi taukah anda kalau efek dari pemanasan global sebenarnya adalah akibat dari kesalahan masyarakat sendiri dan kenapa bisa dibilang begitu?

Prilaku masyarakat yang selalu hanya peduli dengan diri sendiri tanpa mempedulikan efek dari perbuatan mereka yang ternyata sangat berpengaruh pada lingkungan.

Bayangkan saja jika setiap kita membuang sampah sembarangan, menggunakan produk yang tidak ramah lingkungan seperti hairspray yang ber –CFC dan mengandung zat-zat perusak lingkungan lainnya, apa yang akan terjadi digenerasi penerus kita nantinya, mereka akan gampang terjangkit penyakit, terjangkit radiasi dari alat-alat elektronik yang mengandung zat radioaktif dan sebagainya. Bisa saja bumi ini menjadi planet mati, tanpa kehidupan lagi.

Isu perubahan iklim yang ekstrim dan mengerikan ini datang karena memburuknya kondisi lingkungan. Prinsip pelestarian lingkungan yang sering di ingatkan pemerintah seolah-olah di pandang remeh dan tidak penting.

Kesadaran diri untuk memperbaiki pola hidup sehat dan bersih harus ditanamkan sedini mungkin agar tercipta keseimbangan kelestarian lingkungan, tidak hanya di daerah lingkungan kita hidup namun juga seluruh dunia ini. Kebiasaan hidup bersih dan sehat lama kelamaan akan menjadi budaya masyarakat yang berpikiran modern.

Pengendalian pencemaran lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai langkah sederhana dari diri sendiri. Namun langkah pengendalian juga di lakukan pemerintah diantaranya :

  1. Pengadaan bak-bak sampah, truk sampah dan pengadaan gerobak sampah untuk memungut sampah keperumahan penduduk
  2. Pengadaan penghargaan untuk kebersihan daerah dan kota, agar masyarakat lebih termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungannya, seperti ADIPURA dan Kota Sehat.
  3. Pengadaan alat pengolahan sampah akhir, agar sampah organik dan nonorganik bisa di bedakan dan dimaksimalkan manfaatnya
  4. Menjaga Daerah Aliran Sungai agar tidak terganggu, dan menghindari terjadinya erosi dengan penanaman pohon di sepanjang aliran sungai
  5. Pengelolaan ruang terbuka hijau agar tidak terjadi polusi udara. Dengan adanya RTH ini, udara disekitarnya akan dimurnikan oleh tumbuhan yang banyak
  6. Reboisasi atau penanaman hutan kembali setelah dilakukan penebangan hutan.

Terlihat sederhana dan mudah dilakukan, namun tanpa bantuan dan dukungan dari masyarakat, segala upaya baik ini akan terasa sia-sia dan pemanasan global akan semakin mengancam hajat hidup orang banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s