Menjaga Kelestarian Air

Lingkungan sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan lingkungan yang sehat, kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Bumi yang kita tinggali ini mempunyai sumberdaya alam yang beragam dan harus kita jaga seperti kita menjaga lingkungan kita.

Sumber daya alam itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam tak dapat diperbaharui. Apa arti keduanya?

Yang dimaksud sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang mempunyai sifat yang terus-menerus ada dan dapat diperbarui oleh alam maupun dengan bantuan manusia.

Sedangkan sumberdaya alam yang tak dapat diperbaharui adalah sumberdaya alam yang mempunyai sifat volume fisik yang tersedia tetap dan tidak dapat diperbarui atau tidak dapat diolah kembali.

Salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah air. Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Air memberikan banyak manfaat bagi kita, seperti untuk minum, memasak, mencuci, mandi, dan lain sebagainya.

Bukan hanya bagi manusia, air juga sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Kondisi air itu sendiri sangat terkait dengan keadaan alam dan lingkungan sekitar, seperti kekeringan, kerusakan hutan, perubahan tata guna lahan maupun perubahan iklim.

Meskipun air adalah sumberdaya alam yang dapat diperbarui dan dapat pulih kembali, namun kualitasnya sangat dipengaruhi oleh peranan manusia dalam mengelola sumberdaya air. Lalu bagaimana cara kita untuk mengelola air sehingga kualitasnya tetap terjaga?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengelola sumberdaya air, antara lain:

  1. Menggunakan sumberdaya air seefisien mungkin. Hal ini bermaksud agar zat hara yang ada di dalam tanah dapat tersimpan dengan baik.
  2. Mengusahakan agar sinar matahari langsung dapat menembus sampai ke dasar perairan. Ini berfungsi agar fotosintesa dapat berjalan dengan baik.
  3. Menjaga perairan agar terjaga kebersihannya dari gangguan fisik maupun kimiawi.

Dengan beberapa langkah diatas, sumberdaya air akan dapat kita lestarikan, karena pada prinsipnya, kelestarian sumberdaya air itu tergantung dari bagaimana kita memelihara, menggunakan dan memperlakukan air dengan seoptimal mungkin, tanpa merusak ataupun mencemarinya.

Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran air, misalnya:

  1. Menghemat penggunaan air bersih. Misalnya dengan menggunakan air seperlunya, tidak menyalakan kran air terus menerus saat mandi atau mencuci, dan lain sebagainya.
  2. Mengolah limbah dengan benar. Air limbah yang akan dibuang harus diolah dulu sehingga memenuhi standar air limbah dan tidak menimbulkan pencemaran air. Limbah rumah tangga juga sebaiknya tidak langsung dibuang ke perairan untuk mencegah pencemaran oleh bakteri.
  3. Letak sumber air dengan saluran air harus berjarak minimal 10 meter.
  4. Menggunakan bahan yang dapat mencegah atau menyerap minyak yang tumpah di perairan
  5. Membersihkan sumber-sumber air dari sampah atau kotoran.
  6. Mencegah penebangan hutan secara liar dengan system tebang pilih.
  7. Tidak membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, dapat mencemari air dan makhluk hidup di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas air agar tidak tercemar. Sekecil apapun hal yang kita lakukan dapat berpengaruh bagi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa depan.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika ketersediaan air bersih di sekitar kita musnah. Kita tidak dapat hidup tanpa air bukan?

Bukan hanya kita, tapi makhluk hidup lainnya yang tinggal di muka bumi. Maka dari itu, marilah kita jaga kelestarian air bersih sejak dini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s