Lingkungan sekolah yang bersih cermin sekolah sehat

Selama hampir separuh dari usia kita, manusia selalu menghabiskan waktunya di sekolah untuk belajar dan menimba ilmu. Tidak dapat dipungkiri jika sekolah adalah termasuk salah satu tempat dimana kehidupan kita sebagai manusia utuh dibentuk dan dilatih selain dikeluarga kita dirumah.

Untuk itulah, bagaimana caranya seharusnya sekolah menjadi tempat yang menyenangkan dan menyehatkan dan bukan seperti yang saat ini masih sering dijumpai.

Sekolah bersih sekolah indah

Sekolah yang bersih akan memberikan kesehatan dan keindahan secara fisik bagi sekolah tersebut. Selain itu juga akan menambah kesan baik dimata orang tua murid mengingat sekolah adalah tempat dimana anaknya akan menghabiskan seharian waktunya dari pagi sampai sore bahkan ada yang hingga malam hari.

Bukan waktu yang singkat memang, tetapi memang itulah fungsi dari sekolah yaitu sebagai tempat kita belajar menimba ilmu yang akan menyetarakan kemampuan kita, pelajar indonesia.

Tanpa sekolah tentu saja kita akan bingung dimana ujian akan diadakan, siapa yang akan membuat soalnya, siapa pengujinya dan apa standard kelulusannya. Karena adanya sekolah maka akan ada juga semua fasilitas penunjang, kurikulum dan seperangkat pola dan sistem mengajar yang diharapkan dapat memenuhi pola hidup dan kebutuhan pendidikan setiap siswa didik.

Tetapi yang banyak terjadi adalah kebalikannya. Sekolah tidak terawat, kumuh, jorok, kotor dan bahkan hampir roboh. Padahal dengan adanya sekolah juga menjadikan tempat sebagai bergaul dan berinteraksi dengan mahkluk lainnya. Jika kita hanya belajar di rumah tanpa bisa bergaul maka yang terjadi adalah keterbatasan pergaulan yang menyebabkan kita akan terlalu tertutup.

Sebagai salah satu anggota sekolah, ada baiknya kita belajar mencetuskan pola hidup sehat disekolah. Membuat kantin yang bersih sehingga anak-anak tidak mudah sakit karena jajan makanan yang tercemar polusi atau terbuat dari bahan berbahaya dan dijual dengan harga murah.

Sekolah yang bersih secara tidak langsung akan mengundang minat para orang tua siswa untuk menyekolahkan anak-anaknya disana. Selain itu juga akan membuat anak-anak merasa nyaman dan betah disekolah lalu bisa mencetak prestasi yang mengagumkan. Faktor seperti itulah yang tidak boleh anda abaikan.

Lingkungan sekolah hijau simbol paru-paru dunia

Lingkungan yang bersih mencerminkan pengelola sekolah juga mencintai hidup sehat dan bersih. Terutama untuk anak-anak pasti mereka juga akan betah karena di sekolah terasa nyaman seperti di rumah mereka sendiri.

Kamar mandi adalah yang juga sangat perlu diperhatikan. Jangan sampai dijumpai kamar mandi sekolah yang jorok dan penuh dengan sampah. Karena hal itulah seharusnya pihak sekolah harus memberikan tambahan mata pelajaran mengenai mencintai lingkungan sehingga para siswa didik juga akan memiliki kesadaran untuk merawat dan membersihkan lingkungan sekolahnya.

Halaman sekolah dibuat hijau dan sejuk sehingga disaat anak-anak olahraga mereka tidak akan mudah pingsan hanya karena kepanasan dan kekurangan oksigen. Bagaimana cara membuat anak-anak mncintai lingkungan?

Bisa dengan meminta mereka membawa minimal satu buah pohon kecil untuk dirawat setiap hari. Masing-masing dari mereka berkewajiban menyirami dan memberi pupuk setiap siang, pagi, dan juga sore hari. Dengan begitu akan timbul rasa cinta dan terbiasa memberikan yang terbaik untuk masa depan lingkungan mereka.

Bisa kita bandingkan sekolah yang asri dan sejuk dengan sekolah mewah tetapi semua harus menggunakan AC karena panas tanpa udara yang segar.

Selain sarana dan prasarana yang ada di sekolah, dari para guru juga harus memberi contoh yang baik kepada anak-anak didiknya sehingga mereka terbiasa melakukan hal-hal yang benar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s