Lingkungan masyarakat membangun karakter anak

Lingkungan masyarakat berperan sangat besar terhadap pembangunan karakter anak. Anak-anak sejak dini memang sebaiknya diperkenalkan pada lingkungan masyarakat, karena karakter tiap kelompok masyarakat yang berbeda-beda.

Ada lingkungan yang baik ada juga yang buruk. Anak-anak belum bisa membedakan lingkungan yang baik atau buruk. Tugas orangtua untuk mendidik dan mengarahkan. Artinya orangtua harus tahu benar mana lingkungan yang baik dan yang bisa merusak mental anak.

Lingkungan masyarakat atau biasa kita kenal dengan sebutan lingkungan sosial. Tempat anak-anak tinggal, berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam tiap interaksi dan komunikasi terjadi yang namanya saling mempengaruhi. Bisa saja anak terpengaruh oleh anak yang lain, atau sebaliknya, anak memberi pengaruh.

Lingkungan sekitar rumah

Beberapa contoh pembentukan karakter yang pada umumnya terjadi di tengah lingkungan masyarakat, anak yang tinggal di lingkungan yang keras biasanya karakternya juga keras. Karena pembentukan karakter anak cenderung diperoleh dari melihat dan meniru.

Misalnya anak yang tinggal di lingkungan militer atau polisi. Karena label orangtuanya yang memiliki power dan didikan yang keras maka anak-anak yang tumbuh di lingkungan tersebut juga pada umumnya keras, tegas, disiplin dan galak.

Berbeda dengan anak-anak yang tumbuh di kompleks ditengah kota besar, yang lingkungannya cenderung individualis, jarak antara rumah yang satu dengan yang lainnya dibatasi pagar besi yang tinggi, tidak terlalu sering bertemu dengan tetangga, pada umumnya anak juga akan menjadi pribadi yang cuek dan cenderung individualis.

Tentunya akan berbeda lagi dengan anak yang tinggal di daerah kumuh, atau perkampungan dengan gang-gang yang sempit, yang suara tetangga dari dalam rumah teriak juga kedengar sampai rumah tetangga yang lain.

Kalau anak tinggal di lingkungan masyarakat yang sangat heterogen seperti ini, peran orangtua sangat dibutuhkan sebagai “filter” atas pergaulan anak di masyarakat. Lingkungan yang seperti ini cenderung banyak konflik. Ada guru ngaji yang tinggalnya bersebelahan dengan penjual togel, sangat beragam. Contoh yang baik dan buruk di depan mata.

Lingkungan sekolah

Lingkungan sosial masyarakat yang lainnya adalah sekolah. Sangat penting bagi orangtua memilihkan sekolah yang bagus untuk anak-anak. Sebelum memasukkan anak ke sebuah lembaga bernama sekolah, ada baiknya orangtua melakukan survey untuk mengetahui kualitas dan pergaulan di dalam sekolah yang akan dituju.

Bagaimanapun juga separuh dari waktu anak-anak selain di rumah adalah di sekolah. Oleh karena itu orangtua harus sangat selektif memilih sekolah. Orangtua bisa mencari informasi dari alumnus atau dari orangtua lain yang anaknya bersekolah di sekolah yang dimaksud. Lihat juga bagaimana pergaulan guru-gurunya di lingkungan tersebut.

Melihat lingkungan sekolah juga jangan hanya dari sosialnya, akan tetapi dari fisiknya juga. Orangtua perlu memilihkan lingkungan sekolah yang rapi dan bersih. Biasanya di tempat yang rapi dan bersih lingkungannya juga secara mental lebih baik.

Proses belajar anak menjadi lebih nyaman, anak juga akan terbiasa dengan ketertiban dan kebersihan. Kalau di sekolah anak terbiasa melakukan hal-hal yang baik tentunya di lingkungan sosial masyarakat yang lain ia juga akan menerapkan hal yang sama.

Lingkungan memang bukan satu-satunya yang berperan dalam pembentukan karakter anak. Ada banyak hal lain yang juga berperan didalamnya. Akan tetapi tidak ada salahnya mengarahkan atau memberikan pilihan yang baik buat anak-anak.

Anak yang tumbuh dalam lingkungan yang baik juga belum tentu menjadi pribadi yang baik. Akan tetapi kalau anak dibiasakan berada di lingkungan yang baik, mudah-mudahan ia menjadi enggan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, dan malas berada di lingkungan sosial yang nggak bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s