Lingkungan hidup yang sehat, bebas polusi dan masalah sampah

Lingkungan yang bersih dan sehat secara fisik dan psikis akan membawa dampak yang positif untuk kita. Lingkungan yang buruk bisa memberi pengaruh yang buruk khususnya dalam hal kesehatan. Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia.

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat bisa dimulai dari diri sendiri dengan cara rajin membersihkan diri agar tubuh dalam kondisi yang prima. Jadi tidak mudah terserang penyakit.

Bayangkan apabila kita tinggal di lingkungan yang tidak sehat. Tentunya tidak nyaman kan?

Secara fisik lingkungan yang sehat itu lingkungan yang seperti apa sih?

Lingkungan bebas polusi

Udaranya bersih dan bebas polusi, artinya masih banyak pohon tumbuh di lingkungan tersebut. Udara yang bagus adalah udara yang banyak mengandung oksigen. Karena oksigen sangat kita butuhkan untuk setiap kali kita bernafas.

Pilihlah lingkungan tempat tinggal yang jauh dari pabrik, atau jalan raya. Udara disekitar pabrik dan jalan raya cenderung nggak bersih. Selain itu penting juga untuk tahu bahwa lingkungan tempat tinggal jauh dari asap rokok. Kalaupun anda bukan perokok, tapi asap rokok yang terhirup oleh anda sama berbahayanya dengan merokok itu sendiri.

Tanah gampang ditanami tumbuhan. Tumbuhan banyak sekali manfaatnya bagi lingkungan. Selain tumbuhan memberi kontribusi kita manusia untuk bernafas melalui oksigen yang dilepaskannya di siang hari, tumbuhan juga menyerap air.

Semakin banyak tumbuhan yang tumbuh di lingkungan kita, sudah pasti lingkungan kita sehat. Kalau ada sisa lahan disekitar lingkungan tempat tinggal, sekecil apapun sebaiknya dimanfaatkan untuk ditanami tumbuhan untuk penghijauan.

Memang lingkungan tempat tinggal sekarang cenderung lebih kecil dan sempit areanya. Akan tetapi hal itu jangan menjadikan penghalang. Manfaatkan pot-pot kecil untuk ditanami tumbuhan.

Penghijauan membantu kita mendapatkan pasokan oksigen. Tidak hanya berguna untuk kita, juga untuk hewan yang hidup di lingkungan sekitar kita. Lingkungan yang sehat sesungguhnya membawa kebaikan untuk semua makhluk hidup.

Lingkungan yang bebas dari sampah

Sumber airnya bagus, masih jernih, air tidak cokelat atau kuning dan tidak berbau. Saluran air juga bagus, air mengalir dengan lancar. Air adalah sumber kehidupan dan kebutuhan pokok manusia.

Jangan lupa bahwa air adalah media tempat penularan dan berkembangnya suatu penyakit. Ini disebabkan karena sifat air yang fleksibel untuk berkembangbiak hewan-hewan kecil pembawa penyakit.

Jangan pernah menimbun sampah atau limbah apapun itu di lingkungan dekat rumah karena itu adalah sumber penyakit. Selain itu genangan air disekitar rumah juga harus diperhatikan. Sumbatan pada talang air sebaiknya dihilangkan. Genangan air bisa menyebabkan penyakit. Untuk hidup sehat, kita sangat perlu air yang bagus kualitasnya.

Tidak banyak tumpukan sampah yang berserakan. Sampah seperti halnya air yang kotor adalah media yang sangat bagus bagi berkembang biaknya kuman atau penyakit. Untuk itu sangat penting dalam sebuah lingkungan yang sehat ada pengelolaan sampah dengan baik.

Coba mulai perhatikan sampah yang ada di rumah. Sesuatu yang besar kita mulai dari diri sendiri. Pilah-pilah sampah menurut jenisnya, karena hal ini akan memudahkan pengolahan sampah pada saat daur ulang nanti, agar kita mempermudah penciptaan lingkungan yang sehat.

Bedakan kantong sampah yang berisi sampah organik dan non organik. Ini mempermudah pekerjaan pemungut sampah. Hal yang harus dihindari karena akan berakibat fatal adalah : membuang sampah di sungai. Kalaupun terpaksa, jangan pernah membuang sampah di sungai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s