Lebih Aman Dengan Limbah Pabrik Yang Telah Dibersihkan

Pabrik adalah tempat memproduksi berbagai macam produk yang bisa diperjual belikan. Sudah tidak terhitung beberapa banyak pabrik yang dibuat di daerah industry yang ada. Berbagai macam produk di buat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Dari pabrik yang beroperasi ini, akan ada limbah atau sisa proses produksi yang mungkin mengandung bahan – bahan yang berbahaya. Bentuk dan bau dari limbah pabrik ini sangat menyolok dan kuat.

Cairan berwarna gelap dan biasa menimbulkan bau yang tidak sedap menjadikan lingkungan sekitarnya merasa terganggu. Tidak hanya membuat bau yang tidak sedap, zat – zat kimia yang tidak aman untuk lingkungan juga menjadi bahaya. Sudah banyak kasus pencemaran lingkungan yang terjadi akibat dari limbah pabrik yang tidak dipelihara dengan baik.

Sebenarnya, pemerintah telah memberikan standar yang baku tentang limbah buangan yang boleh dikeluarkan ke lingkungan. Para pemilik usaha telah dihimbau untuk mengolah limbah mereka terlebih dahulu sebelum membuangnya ke luar.

Dengan proses penyulingan dan pembersihan, limbah sisa produksi ini akan diambil kandungan zat berbahayanya agar bisa lebih ramah lingkungan. Himbauan yang sangat baik ini masih banyak dilupakan oleh para pengusaha curang yang tidak menghargai kebersihan lingkungannya.

Limbah pabrik yang tidak disuling terlebih dahulu masih mengandung banyak zat berbahaya untuk kelestarian lingkungan. Limbah ini juga dapat merusak tumbuhan – tumbuhan yang ada di sekitarnya. Jika limbah yang dihasilkan mengandung banyak zat berbahaya, penyakit yang membahayakan juga dapat menyerang masyarakat.

Selain limbah pabrik yang berbahaya, sampah yang tidak dibuang pada tempatnya juga menjadi penyebab banyaknya orang yang menderita penyakit. Saat ini ada banyak orang yang tidak memikirkan tentang bahaya membuang sampah tidak ada tempatnya.

Sampah – sampah rumah tangga yang mungkin membawa banyak kuman dan bakteri ini akan mencemarkan lingkungan jika tidak dibuang pada tempatnya. Sudah banyak lingkungan yang berubah menjadi kumuh dan tidak sehat karena masyarakatnya yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

Pemerintah yang mengetahui bahaya dari sampah yang kotor ini sudah memberikan himbauan untuk membuang sampah sekecil apapun pada tempat sampah yang telah tersedia. Himbauan membuang sampah pada tempatnya dan pengaturan limbah yang lebih ramah lingkungan menjadi hal yang harus diikuti oleh masyarakat dan juga pengelola pabrik.

Lingkungan yang sehat akan bisa tercipta dengan lebih baik jika kita semua bisa mematuhi himbauan yang dibuat oleh pemerintah ini.

Saat anda tidak menjaga kebersihan lingkungan, lingkungan anda yang akan merasakan akibatnya. Ada banyak bencana yang mungkin bisa terjadi akibat dari sampah dan limbah yang mencemari lingkungan.

Sampah yang menumpuk bukan ditempatnya akan mengakibatkan bencana seperti banjir. Banjir terjadi akibat banyaknya sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat. Banjir yang mengganggu aktifitas masyarakat ini disebabkan oleh meluapnya air sungai karena pendangkalan yang terjadi.

Pendangkalan ini terjadi karena sampah yang dibuang sembarangan ke sungai. Sampah rumah tangga yang dibuang di sungai akan membuat permukaan sungai menjadi lebih tinggi.

Tidak hanya sampah makanan yang dibuat di sungai, bahkan sampah peralatan tidur seperti kasur, bantal, dan lainnya juga bisa terlihat di aliran sungai. Dengan menghentikan aktifitas membuang sampah di sungai ini, banjir tidak akan terjadi dengan mudahnya.

Limbah pabrik yang mencemari air juga memberikan dampak yang membahayakan. Banyak penyakit yang bisa menjangkiti masyarakat yang menyentuh maupun mengkonsumsi air yang sudah dicemari limbah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s