Konsep Go Green yang Sederhana

Go Green – Mencintai Lingkungan

Berbagai macam cara dilakukan semua pihak dalam menggalakkan konsep Go Green. Konsep Go Green adalah konsep mencintai lingkungan hidup dengan cara menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengubah gaya hidup dengan mengurangi kegiatan dan mengurangi produk-produk yang memicu peningkatan pemanasan global.

Gerakan Go Green untuk lingkungan hidup ini memang sudah berjalan selama lebih dari 5 tahun terakhir, namun target yang diinginkan belum tercapai.

Aksi penyelamatan bumi ini sudah digadang-gadang dapat meminimalisir pemanasan global. Anda sebagai masyarakat awam pun bisa melakukannya tanpa harus mempelajari teknik-teknik Go Green yang terlalu mendalam, seperti pengolahan sampah modern dan pemanfaatan energi alternatif.

Cara sederhana yang bisa anda lakukan sungguh sangat sederhana, praktis dan tidak mengeluarkan biaya. Kembali ke kehidupan bergaya zaman dahulu di mana penggunaan energi listrik, bahan bakar dan sebagainya masih sangat minim dan sedikit.

Kurangi Pencemaran dengan Kembali Bersepeda dan Berjalan Kaki

Mungkin hampir sebagian besar dari kita menghabiskan waktu dari hari ke hari dengan beraktifitas kesana kemari menggunakan kendaran atau transportasi pribadi. Transportasi merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya efek rumah kaca yang otomatis menyebabkan pemanasan global yang berdampak perubahan ekstrim pada iklim. Kenapa begitu?

Karena kendaraan pribadi yang umum digunakan adalah sepeda motor dan mobil, yang nyata menggunakan bahan bakar minyak. Proses pembakaran bahan bakar, akan mengeluarkan sisa gas yang dapat mencemari udara. Udara tercampur dengan gas karbon hasil keluaran dari mesin kendaraan bermotor anda.

Salah satu andil yang bisa ikut anda berikan dalam menerapkan konsep Go Green adalah :

Jika jarak rumah anda ke tempat kerja atau tempat anda beraktifitas tidak terlalu jauh, kurangi atau kalau bisa hentikan penggunaan kendaraan bermotor anda, karena anda bisa menggunakan kendaraan pribadi alternatif anda.

Misalkan saja menggunakan sepeda anda. Bersepeda ke tempat kerja dan tempat beraktifitas, akan mendukung gaya hidup sehat anda dan akan mengurangi resiko pencemaran udara akibat emisi gas kendaraan anda.

Sepeda tidak menggunakan energi dari BBM tapi hanya butuh energi gerak dari kayuhan kaki anda. Sehingga secara tidak langsung kondisi anda akan terjaga dan lebih sehat dan fit.

Jika jarak nya tidak dekat tapi tidak terlalu jauh, berarti anda dapat memilih menggunakan moda transportasi umum yang lebih menghemat biaya serta mengurangi produksi emisi gas dari kendaraan anda. Juga akan mengurangi kemacetan karena jumlah kendaraan akan jauh berkurang jika semua kita lebih memilih menggunakan moda transportasi umum.

Anda juga bisa berbagi kendaraan anda dengan rekan anda yang kemungkinan melakukan perjalanan yang searah dengan anda, atau jika perusahaan atau instansi tempat anda berkegiatan lebih mengerti akan konsep go green, mereka akan dengan senang hati menyediakan transportasi antar jemput bagi karyawan atau murid-muridnya.

Anda pernah mendengar jalur three in one, yang berarti di kendaraan anda harus 3 orang atau lebih, kadang kondisi ini akan meminimalisir kemacetan, emisi gas berlebihan dan pemanasan global.

Empat hal sederhana di atas bisa menjadi pilihan dan bisa menjadi solusi terbaik jika kita semua bersedia dan bersemangat melakukannya. Jika semua masyarakat bumi ini berkeinginan dan berkesadaran tinggi menjaga bumi tetap lestari, maka lakukanlah empat hal sederhana tadi, dan berikanlah warisan kesehatan kepada generasi muda kita.

Generasi muda sehat menjadikan bumi ini semakin layak untuk di wariskan dan di ambil sumber dayanya untuk dimanfaatkan bagi anak cucu keturunan kita kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s