Kenali Faktor Perusak Lingkungan dan Sehatkan Lingkungan Kerja Anda

Faktor Perusak Lingkungan

Mengenal lingkungan tidak hanya lewat pelajaran di sekolah saja. Mengenal lingkungan hidup bisa saja dilakukan dari efek jelek yang sudah terjadi di lingkungan anda. Kerusakan-kerusakan lingkungan bisa saja berupa banjir, kekeringan, longsor, erosi, iklim berubah secara ekstrim.

Semua itu bisa memperlihatkan kepada kita efek dari lingkungan yang sudah rusak dan kerugian semacam apa yang kita lakukan terhadap lingkungan dan akibatnya pada kehidupan kita ke depannya.

Untuk menelaah kerusakan lingkungan ini, perlu diketahui apa saja faktor penyebab kerusakan ini bisa terjadi. Ada yang disebabkan tangan nakal dan jahil manusia dan ada pula yang memang secara alami terjadi. Berikut beberapa faktor penyebabnya :

Faktor Alami

Bencana alam yang terjadi memang merusak lingkungan, namun kerusakan ini tidak diakibatkan kesalahan manusia. Namun tetap berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk di sekitarnya.

Faktor buatan

Akibat perbuatan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak memikirkan dampak dari perbuatan yang mereka lakukan. Manusia modern terkadang melakukan perbuatan yang masih sangat terbelakang dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Keberlangsungan sumber daya alam akan berpengaruh besar pada pengrusakan yang terjadi. Eksploitasi yang berlebihan akan mengancam terjaganya kelestarian lingkungan. Penebangan liar akan menyebabkan banjir dan longsor, membuang sampah sembarangan ke aliran sungai dan laut.

Upaya pelestarian bisa dilakukan, jika kita, manusia yang menjadi penyebab pengrusakan bisa menyadari akan keadaan lingkungan sekitarnya maka upaya berikut ini akan berhasil baik:

  1. Penanaman kembali hutan yang sudah di tebang dan sudah gundul
  2. Pencegahan dan penyediaan bak-bak sampah dipemukiman penduduk
  3. Memberikan sanksi yang berat dan aturan ketat kepada para pelanggar dan pelaku pencemaran lingkungan
  4. Pengeksploitasian besar-besaran sumber daya alam harus dihentikan segera.
  5. Sosialisasi kepada masyarakat akan dampak kerusakan lingkungan dan manfaat lingkungan secara baik.

Lestarikan Alam Lingkungan Kerja Anda

Mencintai lingkungan alangkah sebaiknya dibawa juga dalam kehidupan kerja anda, agar lingkungan sehat memicu semangat kerja dan produktifitas kerja yang maksimal. Beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  1. Jika anda sedang standby atau sedang istirahat, matikan komputer anda dengan meng-hibernasikan atau memakai moda “sleep”, ini akan jauh lebih menghemat energi listrik serta akan jauh mengurangi radiasi yang ditimbulkan perangkat anda. Jika di saat anda ingin meninggalkan kantor untuk pulang, cabut semua steker ke perangkat komputer anda.
  2. Jika merasa sedikit jenuh atau butuh refreshing dengan mendengar musik, gunakan earphone, karena akan lebih efektif dalam menjalin kinerja yang baik, dan tidak mengganggu rekan kerja di sebelah anda. Karena penggunaan earphone akan lebih menghemat energi dari pada menggunakan speaker. Namun batasi penggunaan earphone karena penggunaan yang terlalu lama tidak baik bagi telinga nada.
  3. Jika anda berkutat dengan mencetak dan memprint hasil pekerjaan anda, usahakan untuk melakukannya dengan sehemat mungkin. Penggunaan kertas dan tinta printer yang hemat akan meminimalisir biaya, serta meminimalisir konsumsi kertas yang berbahan baku kayu. Untuk tinta printer, pilih tinta daur ulang yang sudah banyak dijual di pasaran. Dari pada membuat pengumuman dg brosur lebih baik mengirim email kepada sesama rekan kerja.

Jika semua karyawan sadar akan kebiasaan sederhana ini, maka kelestarian lingkungan lambat laun akan terjaga, kerusakan lingkungan dapat diminimalisir dengan maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s