Cara-Cara Menjaga Lingkungan Dari Pemanasan Global

Fakta Pedih Kondisi Lingkungan Sekitar

Akhir-akhir ini, kondisi lingkungan sekitar menjadi daya tarik utama bagi sebagian orang. Ini mungkin dikarenakan kesadaran manusia yang semakin meningkat mengingat kenyataan bahwa lingkungan yang sehat merupakan hal penting demi menjaga sustainabilitas kehidupan kita.

Bagaimana tidak? Beberapa hal buruk yang dilakukan oleh manusia telah membuat bumi ini rusak. Illegal logging membabat habis hutan di negeri ini, membuat masyarakat negeri sendiri menderita, dan dampak yang lebih luas adalah munculnya global warming atau pemanasan global.

Selain penebangan hutan liar, masalah lingkungan yang paling terlihat adalah masalah sampah dan polusi. Nampaknya, rakyat kita masih belum siap untuk mengadopsi budaya membuang sampah pada tempatnya. Mereka lebih suka cara instan seperti membuang sampah di selokan atau aliran sungai.

Lihat saja kondisi sungai di ibukota yang kotor penuh sampah, berwarna hijau dan lebih parah lagi, berbau busuk. Tidaklah mengherankan apabila beberapa waktu yang lalu masyarakat ibukota terkena musibah banjir terbesar yang pernah melanda kota tersebut. Menyisakan pilu bagi banyak orang, tidak hanya mereka yang hidup di Jakarta, tetapi masyarakat di seluruh Indonesia.

Polusi juga merupakan masalah penting yang harus kita cari jalan keluarnya bersama. Polusi industry dan dari kendaraan bermotor nampaknya tidak ada habisnya. Hidup di kota menjadi tidak nyaman dan panas.

Dan lebih buruk lagi, gas karbon hasil proses pembakaran industry dan kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar pemanasan global yang sekarang dunia harus hadapi.

Apa Yang Bisa Kita Lakukan?

Lalu apakah kita akan diam saja menghadapi hal ini, menunggu bumi, rumah kita satu-satunya, hancur oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab?

Tentu tidak. Kita bisa memulai dari sekarang mencoba memperbaiki bumi yang telah rusak dengan cara-cara yang paling sederhana. Apa saja? Berikut contohnya.

Seperti yang saya sebutkan di atas, permasalahan pelik bangsa ini adalah illegal logging. Mau bekerja seperti apapun pemerintah negeri ini, illegal logging akan tetap ada. Tentunya, salah satu cara untuk menjaga bumi agar tetap hijau adalah dengan menambah jumlah pohon.

Bagi sebagian orang, mungkin hal ini akan menjadi sesuatu yang sulit. Tidak perlu khawatir. Untuk dapat berkontribusi dalam program penyelamatan lingkungan, anda hanya harus mendukung beberapa organisasi-organisasi yang memiliki visi dan misi menjaga alam ini.

Anda bisa memberikan donasi semampunya. Mereka akan menanam kembali hutan dari dana yang mereka terima. Sebuah solusi yang sangat mudah, bukan?

Selain masalah illegal logging, masalah pelik yang utama adalah mengenai sampah. Ajak orang-orang di sekitar anda untuk memulai membuang sampah pada tempatnya. Akan lebih baik apabila anda juga mau membimbing mereka dalam memanfaatkan sampah tersebut, seperti mendaur ulang sampah non-organik atau membuat sumber energy dari sampah-sampah organik.

Tidak hanya hal ini mampu mengurangi volume sampah di sekitar, tetapi masyarakat bisa mendapatkan dampak positif dari bio-energy yang mereka buat, memberikan keuntungan lain untuk masalah energy.

Bahkan energy ramah lingkungan tersebut bisa menjadi salah satu solusi masalah polusi di negeri ini. Anda juga bisa mulai mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan mulai beralih kepada alat transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti sepeda atau paling tidak alat transportasi umum.

Jika banyak orang yang mulai memiliki gaya hidup sehat, masalah lingkungan di negeri ini akan cepat selesai. Lalu, tunggu apa lagi?

Ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk memulai menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s