Tips Untuk Mengurangi Polusi Udara

Salah satu ciri utama masyarakat maju adalah mengenai kesadaran mereka akan keadaan lingkungan disekitar. Lingkungan yang sehat merupakan cermin hidup yang sehat.

Namun kenyataannya banyak sekali permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat modern khususnya polusi udara. Sudah banyak sekali yang dirugikan karena permasalahan polusi udara bukan?

Polusi udara ditimbulkan oleh bermacam hal tapi terutama dikarenakan oleh manusia itu sendiri. Masalah yang paling signifikan yang ditimbulkan polusi udara tidak hanya mengenai rusaknya lingkungan khususnya penipisan lapisan ozon akan tetapi juga pada permasalahan kesehatan manusia yang berhubungan dengan saluran pernafasan.

Bila anda termasuk masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan kesehatan, anda harus tahu bagaimana cara mengurangi permasalahan polusi udara dilingkungan anda. Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan seperti dibawah ini.

Tips yang pertama untuk menanggulangi permasalahan polusi udara yang semakin parah dewasa ini adalah dengan memastikan bahwa kondisi kendaraan anda selalu pada kualitas prima.

Perlu anda ketahui bahwa salah satu penyebab polusi udara adalah karena emisi buruk dari kendaraan anda. Yang perlu anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kualitas mesin dari kendaraan yang anda miliki.

Lakukan servis berkala guna menghindari pengeluaran karbondioksida berlebih dari pembuangan kendaraan tersebut. Kendaraan yang jarang diservis akan menghasilkan emisi lebih banyak tentunya. Bila perlu, jual kendaraan lama dan belilah yang baru yang mana sudah menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Walau mungkin akan mengeluarkan banyak biaya, membeli kendaraan ramah lingkungan tentu akan berdampak baik pada lingkungan disekitar anda dengan mengurangi polusi udara.

Tips yang kedua adalah yang berkaitan dengan kebiasaan buruk banyak orang yaitu merokok. Bila anda seorang perokok, berhentilah sekarang juga. Perlu diketahui bahwa asap rokok dapat menjadi penyumbang signifikan dalam polusi udara.

Tidak hanya berdampak pada lingkungan, merokok pasti juga memberi efek negatif bagi perokok terutama dalam aspek kesehatan. Hal terburuk adalah menderita kanker paru-paru. Tidak hanya itu, merokok dapat mengganggu orang disekitar anda karena asap rokok yang dikeluarkan.

Perlu anda ketahui juga bahwa merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan dan juga lingkungan tetapi juga pada kondisi finansial anda. Hobi merokok tentu akan mengeluarkan banyak uang guna membeli rokok yang anda sukai. Jangan sampai kebiasaan anda tersebut benar-benar merusak lingkungan terutama yang berkaitan dengan polusi udara.

Tips yang ketiga yaitu untuk tidak membakar barang yang mengandung zat-zat berbahaya. Sebagai contohnya adalah karet dan plastik. Jangan sampai anda membakar barang-barang yang mengandung materi tersebut karena dapat benar-benar berdampak pada kualitas udara bahkan ozon.

Mungkin sebagian dari anda sering membakar sampah dipekarangan rumah tanpa memperhatikan ada tidaknya barang-barang tersebut. Kebiasaan ini tentu dapat menjadi sangat berbahaya bagi lingkungan bila tidak segera diatasi. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi sampah plastik atau karet?

Yang dapat anda lakukan adalah dengan mengumpulkan sampah-sampah jenis tersebut menjadi satu dan membawanya ke tempat daur ulang. Selain dapat berguna mengurangi polusi udara, daur ulang plastik atau karet dapat berguna untuk produksi barang baru tentunya.

Satu lagi tips yang penting yang perlu anda perhatikan guna mengurangi polusi udara adalah dengan memperhatikan benar kondisi AC anda. AC dirumah anda perlu dibersihkan secara teratur terutama pada bagian penyaringan udaranya. Hal ini berpengaruh pada bagaimana alat tersebut dapat membantu mengurangi polutan udara dilingkungan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s