Program Melestarikan Lingkungan dari Tingkat Bawah

Saat ini, dampak dari pemanasan global sudah sangat terasa. Anda dapat dengan mudah mendengar kabar mengenai bencana alam.

Berbagai macam bencana alam yang terjadi itu disebabkan karena ketidakseimbangan dari alam itu sendiri. Ada berbagai macam bencana alam yang dapat dengan mudah anda temui seperti bencana banjir, tanah longsor, serta masih banyak lainnya.

Dampak dari ketidakseimbangan alam itu nantinya akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia itu sendiri. Oleh sebab itu kita perlu berhati-hati dalam menjaga alam sekitar kita. Dengan perawatan yang tepat maka alam sekitar kita akan tetap terawat dan terjaga.

Ada banyak program yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar lingkungan kita tetap terjaga. Berbagai macam program yang ditawarkan ada yang berasal dari pemerintah itu sendiri maupun dari masyarakat.

Sebenarnya sudah ada banyak program merawat lingkungan hidup yang dapat kita temukan. Namun terkadang kita akan merasa ragu karena program-program tersebut membutuhkan dukungan dari segala macam pihak.

Hal yang paling susah kita temui dalam menjalankan program-program melestarikan alam ialah mempersatukan warga masyarakat. Bukan hal yang mudah bagi anda dalam melaksanakan hal tersebut. Harus ada orang yang bisa dijadikan sebagai penggerak utama dalam program tersebut. Dengan demikian anda akan berkesempatan untuk meningkatkan keseimbangan alam dengan baik.

Sebelum mencanangkan program pelestarian alam, ada baiknya kita memulai dari tingkat yang sederhana terlebih dahulu. Di dalam suatu kelompok masyarakat, anda akan menemukan kelompok yang disebut RT, RW serta Kelurahan. Kelompok kecil inilah yang paling tepat digunakan sebagai dobrakan awal program pelestarian lingkungan hidup.

Anda dapat mencoba membuat suatu forum kecil yang diwakili oleh warga sekitar kemudian membuat daftar masalah yang berasal dari rusaknya alam sekitar. Setelah itu dipertemuan selanjutnya, dapat dilakukan pembahasan mengenai bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk memecahkan masalah.

Untuk mendapatkan bantuan berupa bantuan fisik, anda tidak perlu bersusah payah karena dengan bantuan warga sekitar maka dapat dilakukan kegiatan gotong royong.

Kegiatan yang dilakukan pun ada beraneka macam mulai dari kegiatan kerja bakti, bebersih halaman, pembersihan saluran air, pembersihan lapangan, pembuatan komposter, pemisahan sampah, dan lain-lain. Hal ini akan membantu warga masyarakat sekitar untuk menyadari akan arti pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari tingkat bawah.

Program-program lingkungan hidup yang akan dilaksanakan juga hendaknya dikonsultasikan dengan ahlinya. Untuk membantu anda dalam melaksanakannya, anda dapat mencoba untuk mencari bantuan dari tingkat yang lebih tinggi. Disitu nanti juga akan dilakukan pembinaan mengenai program-program yang sebaiknya dilakukan demi mendapatkan keseimbangan alam.

Dengan memulai dari tingkat yang paling bawah, anda akan berkesempatan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sebenarnya permasalahan alam yang ditemui oleh masyarakat sekitar ialah berasal dari ketidak seimbangan lingkungan. Dengan demikian, apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda memulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu.

Berbagai permasalahan yang biasanya terjadi ialah bermula dari pembuangan sampah secara sembarangan, pencemaran sungai, pencemaran saluran air, serta penggundulan hutan secara berlebihan. Dengan adanya perusakan lingkungan dari tingkat kecil, bencana alam tidak dapat dihindarkan.

Untuk memulai hidup yang lebih baik, ada baiknya bila anda memulai dengan melakukan berbagai jenis kegiatan yang mendukung keseimbangan alam. Jika banyak warga masyarakat sekitar yang ingin berpartisipasi dalam mendukung gerakan keseimbangan alam maka alhasil bencana alam pun akan dapat terhindarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s