Pola Hidup Sehat untuk Lingkungan yang Sehat

Agar anda mendapatkan lingkungan yang sehat, anda harus memulai dengan pola hidup yang sehat terlebih dahulu. Ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pertama anda perlu menerapkan pola hidup bersih terlebih dahulu. Pola hidup yang sehat awalnya dimulai dari penerapan kebersihan. Anda dapat mencoba memulai dari penggunaan tong sampah disekitar rumah anda. Dengan peletakkan tong sampah di rumah, anda akan dengan mudah menjaga kerapian.

Selain menggunakannya dengan bijak anda juga dapat mencoba untuk rajin dan teratur dalam membuang sampah yang ada di tong. Jangan biarkan tong sampah anda becek dan menumpuk karena itu akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Terkadang banyak orang yang salah dalam mengartikan bagaimana itu lingkungan yang sehat. Mereka hanya berpedoman pada lingkungan di sekeliling rumah ataupun lingkungan kota. Padahal kota yang bersih dan sehat juga berasal dari keluarga yang bersih dan sehat.

Berbagai langkah yang dapat anda lakukan ialah dengan meletakkan tong sampah dirumah anda dan membuangnya sesering mungkin.

Selain itu juga anda tidak boleh membiarkan rumah anda bau oleh karena sampah. Selain dari sampah itu sendiri, sebaiknya anda juga rajin dan teratur mengepel lantai dan membersihkan rumah anda agar terhindar dari kuman penyakit. Ini merupakan langkah awal untuk menjaga lingkungan.

Berbagai jenis kegiatan yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ini ialah juga dengan mengurangi penggunaan plastik. Jika anda berbelanja disupermarket, ada baiknya jika anda memilih untuk membawa tas belanja sendiri. Dengan demikian anda dapat mengurangi sampah plastik yang sukar untuk diurai.

Program ini juga sudah didukung oleh berbagai macam tempat belanja. Terkadang mereka memberikan pilihan untuk menggantikan plastik yaitu dengan menggunakan kardus bekas.

Program-program menjaga lingkungan yang perlu untuk kita dukung ialah program pemilahan sampah. Banyak sekali tong sampah tersedia di sekeliling kita dan terdiri dari 3 macam jenis dan warna.

Ternyata masing-masing tong sampah itu memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Biasanya tong sampah tersebut terdiri atas sampah yang dapat diurai, tidak dapat diurai (plastik, botol, kaca), serta sampah organik seperti daun-daunan.

Dengan memilah sampah secara tepat maka dapat juga membantu kita dalam mendukung program recycle. Sampah-sampah tersebut nantinya akan dipilah lagi dan ada yang digunakan untuk produk-produk lainnya.

Saat ini di tingkat desa, sudah banyak yang mengenal istilah komposter. Jika anda ingin melakukan perbaikan lingkungan, anda dapat memulai dengan menggerakkan masyarakat desa itu sendiri.

Dengan mencanangkan program penanaman buah dalam pot atau tanaman obat dalam pot, anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendukung program ini juga dapat dilakukan pembuatan komposter sendiri dari sampah disekitar kita.

Dengan adanya program ini maka masyarakat pada suatu desa itu telah sukses dan berhasil dalam mengolah sampah rumah tangga. Selain mereka mendapatkan produk buah-buahan dan tanaman obat yang bagus mutunya, mereka juga dapat membantu untuk mengurangi sampah-sampah yang biasanya tertimbun di tempat pembuangan akhir.

Sampah juga merupakan salah satu problem lingkungan hidup yang dapat kita temui sehari-hari. Untuk menuntaskan masalah ini bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat itu sendiri untuk menciptakan lingkungan yang selaras.

Dengan memulai pola hidup sehat, diharapkan anda dapat mendukung terciptanya lingkungan yang asri dan bebas dari bencana alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s