Peranan Ibu Rumah Tangga untuk Lingkungan Sehat

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ibu rumah tangga memiliki peranan yang penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Keberadaan ibu rumah tangga itu sangatlah besar peranannya.

Karena masih kurangnya orang yang menyadari peranan ibu rumah tangga ini maka para praktisi atau pemerhati lingkungan serta pemerintah masih kurang serius dalam menggali potensi dari ibu rumah tangga.

Dengan keberadaan ibu rumah tangga, tidak sulit bagi anda untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan teratur. Hal utama yang perlu dilakukan ialah hanya menggerakkan atau mengubah pola pikir dari ibu rumah tangga itu sendiri agar lebih cinta lingkungan. Dengan demikian akan dengan mudahnya tercipta lingkungan yang asri bersih dan terawat.

Masih banyak para ibu rumah tangga yang tidak paham akan eksistensinya dalam menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan terawat. Sebagian besar dari mereka masih merasa bingung mengenai bagaimana caranya agar keluarga dan lingkungan rumah selalu asri, bersih, dan sehat.

Sebagai contohnya, kadang mereka merasa bingung mengenai sampah yang menumpuk di pekarangan rumah. Biasanya mereka hanya mengandalkan Dinas Kebersihan dan tanpa berupaya untuk mencari solusinya. Padahal mereka dapat mencoba memulai dengan memisahkan antara sampah organik dan non-organik.

Bukanlah suatu hal yang mustahil apabila kita mencoba untuk membiarkan kaum ibu rumah tangga menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan asri. Anda hanya perlu mencoba mengubah perilaku sehari-hari dari ibu rumah tangga itu sendiri.

Program pertama yang perlu dilakukan ialah mengubah perilaku dari ibu rumah tangga itu sendiri. Ada baiknya jika ibu rumah tangga dituntut untuk lebih kreatif. Dalam masalah pembuangan sampah itu sendiri, kreatif mejadi kunci utama yang perlu anda perhatikan.

Umumnya, sampah basah merupakan jenis sampah yang biasa dihasilkan pada rumah tangga dan jumlahnya pun lebih banyak apabila dibandingkan dengan sampah kering. Oleh sebab itu sebaiknya ibu rumah tangga tersebut mencoba untuk memilah sampah kering dengan sampah basah.

Jika 70 persen dari sampah rumah tangga ialah sampah bersih berarti sampah yang ditampung oleh petugas kerbersihan hanya 30 persen saja. Itu sudah sangat berarti dalam mengurangi sampah rumah tangga. Sampah basah yang dikumpulkan seperti ampas kelapa, sisa sayuran, isi perut ikan, nasi busuk dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

Menanam berbagai macam tumbuhan disekitar rumah juga sangat penting karena itu berarti anda mendukung program pelestarian alam. Banyak oksigen yang dihasilkan oleh tanaman itu sendiri. Tidak perlu memiliki pekarangan yang luas karena anda akan dengan mudahnya menggunakan pot sebagai sarana untuk menanam tanaman itu sendiri.

Program lain yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga dalam menciptakan kesehatan lingkungan ialah dengan penanaman sendiri sayuran serta buah-buahan.

Terkadang anda akan menyepelekan hal ini karena merasa sangat mudah mencari buah dan sayuran di supermarket terkedat. Namun demikian, jika para ibu rumah tangga mulai melakukan program ini maka lingkungan akan menjadi lebih rapi dan tertata.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang dan sayuran yang dengan mudahnya ditanam dengan pot. Selain dapat menghemat uang belanja, anda pun tidak perlu khawatir akan bahaya pestisida karena tanaman tersebut anda olah sendiri.

Pekarangan rumah pun akan terasa lebih sejuk dengan banyaknya tanaman yang ditanam disekitar rumah. Jika program ini didukung oleh pemerintah maka program kesehatan ini akan memiliki dampak yang positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s