Penerapan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Tak ada yang mampu memberikan perubahan pada kualitas lingkungan selain manusia itu sendiri. Bila anda merupakan bagian dari masyarakat modern, tentu anda harus mengetahui pentingnya menjaga lingkungan anda untuk tetap asri dan sehat.

Bila kebanyakan masyarakat modern tidak peduli dengan efek dari gaya hidup mereka yang buruk pada lingkungan, anda harus tahu gaya hidup apa saja yang dapat memberi efek positif pada lingkungan anda.

Sebenarnya banyak sekali orang yang sudah mulai peduli dengan kualitas lingkungan mereka akan tetapi terkadang mereka tak sadar gaya hidup mana yang harus diterapkan guna menjaga lingkungan mereka tetap asri. Ada beberapa gaya hidup yang perlu anda terapkan seperti dibawah ini.

Tips gaya hidup ramah lingkungan yang pertama berkaitan dengan kebiasaan anda dalam menggunakan korden rumah atau juga ventilasi.

Yang perlu anda perhatikan adalah selalu membuka korden rumah disiang hari guna memberikan cahaya yang cukup pada ruangan. Hal ini disebabkan bila rumah anda kekurangan cahaya yang cukup untuk beraktifitas khususnya siang hari, maka anda perlu untuk menghidupkan lampu ruangan bukan?

Hal ini akan berdampak pada borosnya anda dalam menggunakan energi listrik dirumah anda yang tentu takkan bagus pula efeknya pada lingkungan. Masih berkaitan dengan energi, anda dapat menerapkan sistem insulasi pada rumah bila ingin mendapatkan ruangan yang hangat pada musim dingin tanpa harus menyalakan pemanas ruangan.

Tips gaya hidup ramah lingkungan yang kedua berkaitan bagaimana anda bersosialiasi tidak hanya dengan keluarga anda tetapi juga pada warga disekitar yang berkaitan dengan lingkungan.

Yang saya maksud adalah anda harus berinisiatif dalam mengajak anggota keluarga anda dan juga warga sekitar untuk malakukan kerja bakti dalam membersihkan rumah maupun lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat dimulai dari bagaimana anda merawat kebersihan rumah dan sekitar bukan?

Dengan melakukan kerja bakti, anda tidak hanya mampu memberikan efek positif pada lingkungan akan tetapi juga membina hubungan sosial yang lebih baik tidak hanya keluarga anda akan tetapi juga warga disekitar anda.

Tips yang ketiga, masih berkaitan dengan gaya hidup ramah lingkungan, adalah menerapkan ide energi matahari untuk menyuplai energi listrik dirumah anda. Tujuan melakukan instalasi panel pembangkit tenaga listrik dirumah anda tentu untuk mengurangi penggunaan energi listrik komersial yang mana cenderung berdampak buruk pada lingkungan.

Yang anda gunakan disini adalah tenaga yang hampir dapat dikatakan tak terbatas yaitu sinar matahari guna membangkitkan listrik dan menyuplai kebutuhan listrik rumah anda.

Tips berikutnya adalah ide untuk menukar kendaraan anda terutama mobil yang mana memiliki teknologi yang ramah lingkungan. Banyak sekali jenis mobil listrik dan juga hybrid yang dapat anda beli guna meminimalisasi emisi bahan bakar yang dapat berdampak pada polusi udara.

Bila membeli kendaraan ramah lingkungan dapat menguras keuangan anda, maka anda dapat melakukan tukar tambah atau mengajukan kredit kendaraan bermotor. Yang paling penting, anda dapat ikut andil dalam menjaga kualitas lingkungan anda bukan?

Tips berikutnya adalah dengan membeli peralatan elektronik yang ramah lingkungan. Bila mengenai monitor atau TV, sebaiknya anda membeli produk yang menggunakan teknologi LED.

Penggunaan plastik kantong belanja juga menjadi tips yang perlu dipertimbangkan. Yang perlu anda lakukan adalah dengan selalu menggunakan kantong plastik yang sama dalam berbelanja tanpa harus mengganti-gantinya. Hal ini dikarenakan plastik merupakan salah satu produk yang tak bisa diurai dan tentu dapat merugikan lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s