Penanggulangan Sampah dan Polusi Udara Secara Sederhana Untuk Kebersihan Lingkungan

Semua orang tentu setuju kalau kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Sayangnya pentingnya kebersihan bisa dibilang selama ini hanya ada dalam slogan. Kata-kata “kebersihan adalah sebagian dari iman” atau “kebersihan pangkal kesehatan” sudah dihafal semua orang, tetapi baru sedikit yang bisa mengimplementasikannya di dunia nyata.

Sebagian besar orang kurang menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan. Mungkin mereka baru menyadarinya setelah bencana alam hebat yang bisa menelan korban baik harta maupun nyawa menimpa.

Sayangnya bencana itupun seolah-olah kurang mampu menyadarkan orang-orang tersebut. Gambaran yang paling mudah bisa dilihat adalah seringnya terjadi banjir musiman di kota-kota besar, bahkan di ibu kota kita.

Bagi penduduk kota tersebut, banjir seakan bukan hal yang aneh atau menakutkan, karena setiap tahun datang terus. Yang muncul setelah bencana rutin tersebut menyurut bukanlah kesadaran warga, melainkan hanya “strategi” berikutnya untuk menghadapi banjir tahun depan, seperti pembuatan loteng atau persiapan gerobak untuk membawa barang-barang penting. Sedang para warga sendiri masih hobi membuang sampah dan bertindak tidak sehat.

Pada dasarnya kondisi lingkungan yang buruk terjadi karena 2 hal utama: sampah yang menggunung dan udara yang terpolusi oleh zat-zat beracun. Selain kesadaran yang buruk ternyata fasilitas pengelolaan sampah diperkotaan maupun kawasan industri juga bisa dibilang sangat buruk.

Selain itu, polusi udara semakin memburuk karena miskinnya tanaman hijau di kedua kawasan tersebut. Membangun kesadaran akan kebersihan tentunya sangat sulit dan makan waktu lama. Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan.

Pengetahuan yang lebih baik dalam pengelolaan lingkungan hidup juga berandil besar dalam mengurangi polusi udara, tanah dan air. Cara-cara sederhana yang sebenarnya bisa dilakukan semua orang bisa berandil besar dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Orang bisa mengurangi penggunaan beberapa barang yang bisa membahayakan lingkungan atau barang yang hanya bisa digunakan sekali sehingga menambah tinggi tumpukan sampah dengan sesuatu yang bisa digunakan lebih dari sekali atau terus-menerus dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Tindakan ini setidaknya bisa mengurangi akumulasi sampah rumah tangga.

Beberapa jenis sampah bisa juga di daur ulang secara sederhana dan bahkan bisa menjadi produk dagang yang cukup bernilai tinggi. Beberapa sampah organik bisa juga digunakan untuk membuat pupuk atau komoditi dagang lainnya. Sudah banyak orang kreatif yang merubah sampah menjadi barang bernilai dagang tinggi.

Beberapa barang yang masih bisa digunakan kembali setelah dibetulkan bisa juga menjadi produk dagang yang cukup menguntungkan. Usaha-usaha ini sebenarnya telah ada semenjak lama sekali.

Sayangnya perhatian terhadap usaha pengolahan limbah menjadi komoditi dagang tersebut masih kurang, sehingga kapasitasnya masih berskala rumahan. Meski begitu ide-ide menarik tersebut tentu bisa dilakukan oleh hampir semua orang, sehingga tetap menjadi solusi yang potensial untuk pengurangan akumulasi sampah yang berlebihan terutama di kota-kota besar.

Seperti disebutkan sebelumnya, selain sampah – polusi udara adalah masalah utama yang memperburuk keadaan lingkungan. Pada dasarnya pengelolaan udara akan berhasil bila lingkungan tempat kita tinggal memiliki tumbuhan hijau yang melimpah. Di perkotaan besar tentu sulit mewujudkan hal ini karena lahannya sudah ditutupi hutan beton.

Tetapi bila kita menanam beragam tanaman berdaun hijau yang tidak berukuran terlalu besar dan tidak makan tempat atau bisa digantung di pot atau tempat lainnya, maka kebutuhan akan oksigen yang bersih bisa lebih terpenuhi. Cara ini tentu bisa dilakukan sebagian besar orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s