Cara Mudah Menyelamatkan Lingkungan Dari Pemanasan Global

Global Warming dan Dampak Buruknya

Global warming atau sering disebut dengan pemanasan global telah menjadi daya tarik banyak orang sejak lama. Global warming sendiri disebabkan oleh efek rumah kaca, yaitu semakin meningkatnya gas karbon di udara hasil pembakaran industry dan/ atau kendaraan sehingga menangkap sinar panas matahari.

Kenapa pemanasan global menjadi sesuatu yang wajib mendapatkan banyak perhatian?

Karena fakta bahwa hal ini adalah penyebab kekeringan dan beberapa fenomena alam lain di beberapa negara. Apabila global warming tidak segera dihentikan, lapisan es di kutub akan mencair, memaksa tinggi permukaan air laut naik dan merendam beberapa pulau-pulau kecil dan daratan. Tentu, kita tidak ingin hal ini untuk terus terjadi bukan?

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk dapat menghentikan, atau setidaknya mengurangi efek dari global warming itu sendiri?

Ada banyak cara sederhana untuk dapat berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk menyelamatkan bumi kita.

Cara-Cara Menyelamatkan Lingkungan

Cara termudah adalah dengan membuka beberapa situs-situs penting yang tergabung dalam sebuah organisasi penyelamatan lingkungan. Biasanya mereka akan membuka sebuah program di mana mereka akan berjanji untuk menanam banyak pohon apabila pengunjung memberikan donasi.

Ketika kita berbicara mengenai donasi, mungkin hal yang pertama muncul di pikiran anda adalah banyak orang. Namun jangan khawatir. Mereka tidak akan menuntut banyak. Malah donasi ini beragam sesuai dengan keinginan anda.

Yang paling penting adalah ikut menyumbang. Tidak peduli berapa kecil anda ikut mendukung program ini, anda telah berkontribusi dalam penyelamatan bumi ini. Kita tahu bahwa setiap harinya ribuan hektar hutan di dunia ini lenyap karena illegal logging.

Tanpa adanya pohon yang menyerap karbondioksida, maka gas ini akan terjebak di atmosphere bumi. Inilah yang mendasari banyak aktifis lingkungan untuk terus meneriakkan bahwa kita harus menanam pohon lebih banyak. Dan inilah saat yang tepat bagi anda untuk ikut bergabung dan berjuang dalam menyelamatkan hutan kita.

Selain memberikan donasi dan menanam pohon lebih banyak, anda harus mengurangi menggunakan kendaraan bermotor dan mulai mengganti sarana transportasi anda dengan alat transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Apabila anda tidak mampu membeli mobil hybrid, anda bisa menggunakan sepeda. Tidak hanya karena sepeda tidak menghasilkan gas buang hasil pembakaran, ia juga akan menyehatkan para pengguna.

Jutaan orang memiliki kendaraan bermotor. Bayangkan saja berapa banyak gas buang yang dihasilkan oleh mereka. Tidaklah mengherankan apabila bumi ini menjadi semakin panas setiap harinya.

Selain menggunakan sepeda, anda juga harus menghemat banyak energy. Sebagian orang lebih suka meninggalkan komputer atau TV mereka dalam keadaan stand by apabila tidak digunakan. Hal ini tidak hanya membuat energy yang digunakan menjadi percuma tetapi juga salah satu faktor penting penyebab pemanasan global.

Matikan saja alat-alat elektronik apabila tidak digunakan. Bukankah ini juga akan menghemat tagihan listrik yang nanti akan dibebankan kepada anda bukan?

Sehingga kita akan mendapatkan sebuah win-win solution di sini. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah eksistensi air bersih. Hematlah penggunaan air. Mungkin anda berpikir negara ini memiliki banyak air bersih.

Sayangnya, karena illegal logging beberapa mata air menjadi mati. Kita hanya tinggal menunggu waktu kapan sumber mata air bersih di negeri ini akan habis jika kita tidak melakukan sesuatu saat ini juga. Dengan hal-hal kecil ini anda mampu merubah dunia. Saatnya anda ikut berjuang sekarang juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s