Cara Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Ada berbagai macam masalah lingkungan yang dapat timbul pada kehidupan sehari-hari. Berbagai macam masalah tersebut memang timbul akibat dari ulah para manusia itu sendiri. Setiap hari, lingkungan sekitar kita mulai terancam.

Banyak orang yang baik disadari maupun tidak disadari telah berpartisipasi pada proses perusakan lingkungan hidup. Ancaman akan pengrusakan lingkungan ini semakin meningkat adanya.

Sebagai contoh ialah perusakan lingkungan dengan cara penggundulan hutan. Pengrusakan hutan ini merupakan langkah awal dari kerusakan besar-besaran. Banyak orang yang merusak hutan demi membuka lahan usaha yang lebih baru.

Mereka tidak tahu bahwa pengrusakan hutan merupakan langkah awal dari perusakan seluruh komponen kehidupan alam manusia. Untuk dapat terus melestarikan komponen kehidupan tersebut berarti kita perlu menyelamatkan hutan.

Dengan menjaga dan melestarikan hutan maka kita dapat dengan mudah memberikan tata air yang baik di bagian hilir dan menyelamatkan segala bentuk kegiatan ekonomi masyarakat.

Hutan memiliki satu peranan penting yaitu sebagai paru-paru dunia. Hutan akan memberikan kita oksigen berlebih dan akan menyerap karbon dioksida dari hasil pembuangan kendaraan bermotor.

Selain sebagai paru-paru dunia, hutan juga sangat berperan dalam mengurangi pemanasan global. Untuk mengurangi dampak saat musim kekeringan, hutan merupakan komponen terpenting.

Untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan hutan itu sendiri, sebaiknya kita mengetahui jeni-jenis hutan terlebih dahulu. Beberapa jenis hutan yang dapat kita temukan ialah hutan lindung.

Jenis hutan ini merupakan hutan yang harus selalu dibina serta dipertahankan. Hutan ini memiliki berbagai macam jenis vegetasi baik umum maupun langka. Fungsi utama dari hutan ini ialah menjaga dan memelihara keawetan dan kesuburan dari tatanan tanah itu sendiri. Kawasan hutan ini akan sangat mempengaruhi daerah sekitarnya.

Hutan berikutnya adalah hutan suaka alam. Hutan ini sangat penting untuk dipertahankan karena selain ia memiliki berbagai jenis tumbuhan, ia juga merupakan tempat hidup hewan-hewan langka. Jenis hutan ini biasa digunakan sebagai objek wisata bagi para turis. Dengan pembinaan dan pelestarian yang tepat maka hutan ini dapat terjaga dengan baik.

Hutan lain yang dapat ditemui ialah hutan wisata. Hutan wisata biasa ditemui di daerah yang sepi penduduk maupun daerah perkotaan. Tempat ini digunakan untuk berbagai kegiatan rekreasi serta olahraga bagi keluarga.

Hutan produksi merupakan salah satu jenis hutan lainnya yang memiliki beragam jenis kayu tertentu dan nantinya dapat digunakan sebagai produksi selanjutnya. Kawasan hutan ini memiliki jenis hasil kayu yang memang dapat dieksploitasi secara tebang pilih. Anda tidak perlu khawatir karena jenis hutan ini sudah dilindungi dan terstandar oleh peraturan yang ada.

Setiap jenis hutan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Oleh sebab itu kegiatan dari masing-masing hutan tidak boleh saling menganggu dan justru harus saling mendukung satu sama lain.

Hutan sangat berperan penting dalam pengaturan kehidupan manusia sehari-hari. Air tanah yang terdapat didalam hutan merupakan sumber daya utama sebagai mata air. Banyak sisi positif yang akan kita dapatkan dan rasakan apabila kita dapat menjaga hutan secara benar.

Tidak sulit bagi anda untuk melakukan hal ini. Anda hanya perlu berkonsultasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang juga membantu untuk mengkonservasi hutan.

Jika kita dapat mencegah eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran maka kita akan dengan mudah menjaga kelestarian hutan itu sendiri. Berbagai macam bencana alam pun akan dapat terhindarkan dengan kelestarian alam tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s