Apa Saja Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menyelamatkan Lingkungan?

Pemanasan Global Dan Kesadaran Manusia

Kita tahu bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh efek rumah kaca telah memberikan banyak hal-hal negative terhadap bumi ini, mulai dari kekeringan, kelaparan di beberapa negara-negara dunia ketiga, sampai yang paling parah adalah banyak bencana alam akhir-akhir.

Pemanasan global bukanlah sebuah fiksi. Ini adalah hal nyata yang wajib kita perangi untuk menyelamatkan bumi, tempat tinggal manusia satu-satunya. Untungnya, banyak cara yang kita bisa lakukan untuk dapat mengurangi efek dari global warming tersebut.

Yang kita butuhkan hanyalah kesadaran untuk mau merubah,dan berkomitmen dalam sebuah tugas panjang tanpa akhir dalam menyelamatkan dunia. Apa saja yang harus anda lakukan untuk dapat berjuang bersama kita? Berikut adalah tips nya.

Tips Mengurangi Dampak Pemanasan Global

Kurangi pemakaian plastik dan styrofoam. Salah satu penyebab global warming adalah banyaknya sampah di bumi ini. Untungnya, beberapa sampah dapat terurai dengan tanah atau lebih baik, dapat didaur ulang. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk plastik dan styrofoam.

Ingat, dua benda tersebut butuh jutaan tahun untuk dapat terurai dengan tanah (bahkan ada kabar bahwa styrofoam tidak dapat terurai oleh tanah). Akan lebih baik apabila kita mengurangi pemakaian benda-benda yang terbuat dari hal ini.

Jika anda ingin berbelanja, akan lebih baik apabila anda memulai menggunakan tas yang lebih ramah lingkungan dan menolak untuk menggunakan plastik. Tidak hanya masalah sampah yang harus menjadi perhatian utama kita. Kita harus mulai peduli dengan banyaknya jumlah energy yang terbuang percuma.

Banyak orang meninggalkan barang eletronik dalam keadaan standby. Padahal, kondisi ini juga mengkonsumsi energy, membuatnya terbuang percuma. Apabila anda tidak menggunakan barang tersebut, ada baiknya anda mematikannya terlebih dahulu.

Akan lebih baik pula apabila anda tidak menggunakan lampu ruangan pada siang hari. Ini sangat penting agar anda bisa menghemat energy yang bumi ini harus hasilkan.

Menambah ruang terbuka hijau juga harus dilakukan. Global warming disebabkan oleh meningkatnya gas karbon di atmosphere kita, memerangkap panas sinar matahari. Salah satu cara untuk mengurangi jumlah gas karbon di udara tersebut adalah dengan menanam lebih banyak pohon yang dapat merubah karbon menjadi oksigen.

Sayangnya, illegal logging telah membabat banyak hutan kita, membuat pemanasan global memberikan efek yang lebih buruk. Untungnya, hal ini masih belum terlambat.

Apabila anda tidak mampu menanam pohon sendiri, ikutlah beberapa program yang disponsori oleh beberapa organisasi pecinta lingkungan dalam penanaman kembali hutan. Organisasi-organisasi ini merupakan organisasi nirlaba dengan fokus mereka dalam penyelamatan lingkungan.

Anda bisa menjadi volunteer atau memberikan donasi sehingga mereka bisa terus menjalankan program penting yang luar biasa ini. Dengan bertambahnya banyak ruang terbuka hijau, diharapkan masalah pemanasan global ini ini bisa segera selesai.

Tidak hanya itu. Anda juga bisa ikut bergabung menyelamatkan bumi dengan cara merubah gaya hidup. Kurangi pemakaian kendaraan bermotor dan beralih menggunakan sarana transportasi massal atau alat transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti sepeda. Mereka lebih sedikit atau sama sekali tidak menghasilkan gas buang.

Air sebagai sumber kehidupan juga perlu dihemat. Global warming menyebabkan kekeringan. Entah sampai kapan sumber air di negeri ini mampu menghidupi rakyatnya.

Kurangi mengkonsumsi daging juga bisa menjadi cara anda untuk dapat berkontribusi dalam menyelamatkan bumi. Gas metana yang dihasilkan oleh hewan ternak merupakan salah satu penyumbang efek rumah kaca.

Lalu, tunggu apa lagi. Sudah tugas kita untuk menyelamatkan rumah kita satu-satunya, bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s