Perhatikan Seluruh Aspek sebelum Memperbaiki!

Ada fakta yang cukup mencengangkan dan ini menjadi fakta yang wajib diperhatikan! Fakta tersebut yaitu seiring dengan perkembangan, penduduk mengalami pertambahan sedangkan tanah tidak mengalami pertambahan. Hal tersebut secara langsung berhubungan dengan kebutuhan hidup manusia, salah satunya adalah kebutuhan untuk tempat tinggal.

Kebutuhan untuk tempat tinggal ini menjadi salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Bagi orang yang memiliki rumah dan merasa belum nyaman dengan keadaannya maka kegiatan perbaikan rumah dapat dilaksanakan. Hal ini dikarenakan agar penghuninya dapat merasakan kenyamanan, kesehatan, dan keamanan dari tempat yang dihuninya.

Akan tetapi, perbaikan rumah tentunya bukan sekedar melakukan perbaikan biasa. Penghuni harus memperhatikan poin-poin penting sehingga kegiatan perbaikan tersebut tidak sia-sia. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan tidak sedikit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga.

Harus memperhatikan seluruh aspek

Bagi pihak-pihak yang ingin melakukan perbaikan rumah atau tempat harus memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut:

Pertama, penentuan lokasi. Penghuni harus memperhatikan perkembangan suatu wilayah dan sebaiknya dicocokkan dengan peta wilayah tersebut agar keadaan geografis dan fasilitas umum tidak akan mengganggu pembangunan ini, misalnya jaringan jalan, sungai besar, lintasan kabel tegangan tinggi, atau rel kereta api.

Kedua, aspek hukum atau legalitas. Penghuni harus memastikan pelaksanaan perbaikan rumah atau tempat tinggal dilakukan dengan prosedur hukum yang lengkap dan sesuai seperti kelengkapan IMB dan juga perbaikan itu harus sesuai dengan peruntukkan bangunan awal (rumah tinggal tidak boleh dirubah atau diperbaiki menjadi ruko atau sebaliknya karena bertentangan dengan PPJB).

Selain itu, jika perbaikan pembangunan itu berupa rumah susun, harus diperjelas kembali, apakah rumah susun itu tiap unitnya disewakan atau dapat dibeli oleh penghuni. Hal ini dikarenakan akan berakibat pada dokumen kepemilikan.

Dan yang terakhir, Ketiga, adanya fasilitas sarana dan prasarana, penghuni harus tetap memperhatikan fasilitas umum seperti jalan lingkungan, penerangan rumah dan jalan, saluran drainase, fasilitas air minum dan air bersih (sumur/ PAM/ Jet Pump/ pompa tangan) dan fasilitas sosial seperti rumah ibadah/ mushola, tempat parkir (jika rumah susun), posko keamanan, lapangan/ taman/ area terbuka, balai pertemuan warga, dalam memperbaiki rumah atau tempat tinggalnya.

Kondisi dan mutu harus menjadi hal utama

Kondisi tidak boleh dilupakan dalam melakukan perbaikan rumah, seperti memiliki jumlah ruang dan kelengkapan bangunan sesuai tipe, memiliki lantai dengan perkerasan semen, memiliki atap genteng, memiliki sambungan air bersih, memiliki sambungan listrik dan memiliki saluran pembuangan air kotor dan septic tank.

Selain itu, penghuni harus memperhatikan mutu perbaikan rumah seperti pemasangan lantai keramik pada lantai, dinding sudah dicat, kamar mandi / WC sudah memakai lantai keramik dan dinding dicat, dan atap genteng sudah memakai warna tertentu.

Penghuni juga harus memperhatikan akses keamanan dan kebakaran dalam melakukan perbaikan rumah, misalnya pengadaan ventilasi atau jendela rumah haus diperbanyak, adanya ruang terbuka meski kecil di dalam rumah, dan saluran air juga tidak boleh terhambat.

Sedangkan keamanan, pemasangan pagar harus disesuaikan dengan tingkat keamanan lingkungan, dalam hal ini janganlah tidak memasang pagar padahal tingkat kriminalitas cukup sering terjadi.

Selain itu, setiap jendela dipasangi teralis atau besi pengaman yang berfungsi untuk menambah keamanan juga bagi tempat tinggal.

Penghuni juga harus memperhatikan pemasangan lampu. Pasanglah lampu yang cukup terang apabila rumah sering ditinggal penghuninya supaya dapat mengecoh keadaan tempat tinggal yang kosong menjadi tempat tinggal yang cukup sering dihuni oleh penghuninya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s