Menyulap Ruangan Belajar Anak

Semua orang tua pastinya menginginkan anaknya pintar bukan?

Anak yang rajin belajar, mampu bersosialisasi dengan baik, sehat dan berprestasi di sekolah merupakan dambaan setiap orang tua. Tak dapat dipungkiri, banyak orang tua yang rela melakukan apa saja agar prestasi anak mereka di sekolah dapat meningkat dan cemerlang.

Les di bimbingan belajar di luar jam sekolah, misalnya. Kegiatan ini selain dapat membantu anak memahami pelajaran di kelas yang tak dapat dijelaskan lebih jauh oleh sang guru, juga dapat mengurangi kegiatan anak yang kurang penting seperti bermain video games, dan sebagainya.

Namun, orang tua pun kini harus mulai menyadari bahwa prestasi anak dapat dipengaruhi dari hal yang paling sepele, yakni kamar tidur maupun ruang belajar tempat sang anak beraktivitas setiap harinya.

Pentingnya Memiliki Ruang Belajar Anak yang Nyaman

Ruang belajar sedikit banyak akan mempengaruhi anak dalam melakukan aktivitas belajar akademiknya. Beberapa orang tua sengaja menjadikan satu antara ruang belajar dan kamar tidur anak. Sedangkan beberapa orang tua lainnya sengaja memisahkan antara ruangan untuk belajar anak dengan kamar tidur.

Ada pula tipe anak yang suka belajar di dalam ruangan belajar, namun tak sedikit yang menyukai ruangan outdoor untuk belajar. Terlepas dari semua itu, sebagai orang tua yang bijak, anda dapat mendukung kegiatan belajar anak dengan menyediakan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan. Semua itu tentunya agar anak semakin bersemangat dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasinya di sekolah.

Berikut ini adalah alasan mengapa anda perlu memberikan ruang belajar yang nyaman pada anak:

Untuk meningkatkan minat belajar anak di rumah

Hal ini tentu saja benar, sebab ruang belajar anak yang inspiratif dan menyenangkan akan menarik minat anak untuk belajar. Anak-anak cenderung tidak menyukai perintah, namun dengan menyediakan ruang belajar anak yang menyenangkan, anak akan terpancing dengan sendirinya untuk belajar.

Agar anak mencintai membaca buku

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan yang sangat penting. Saat anak menyukai banyak buku yang berguna tentunya, hal ini akan menambah wawasan dan pengetahuan yang luar biasa. Membaca buku tentunya harus didukung dengan ruangan yang tenang dan nyaman, sehingga anak dapat menyerap isi buku dengan optimal. Ruang belajar merupakan ruang membaca buku yang dapat anda sediakan untuk anak.

Agar orang tua dapat lebih mudah mengontrol kegiatan dan perkembangan anak

Saat kegiatan belajar difokuskan pada suatu tempat, anda sebagai orang tua dapat dengan mudah mengontrol seluruh kegiatan anak. Hal ini tentunya berguna, agar anda tidak menjadi orang tua yang lalai dan anak anda terjerumus pada hal-hal negating.

Tips Merancang Ruang Belajar Anak

Berikut ini merupakan tips merancang ruang belajar anak :

Rancanglah ruang belajar anak yang menyenangkan dan jauh dari nuansa muram

Pilihlah cat ruangan berwarna cerah seperti kuning, orange, biru, hijau atau pink sesuai dengan warna kesukaan anak. Jika perlu, tambahkan wallpaper cerah untuk menambah inspirasi anak dengan memasang wallpaper motif favorit anak, kartun misalnya.

Pilihlah furniture yang nyaman dan aman

Meja dan kursi belajar sebaiknya disesuaikan dengan postur anak sehingga anak nyaman saat memakainya. Pilihlah rak buku yang terjangkau dengan tinggi anak anda.

Pencahayaan tidak kalah penting dalam ruang belajar

Letakkan meja belajar di dekat jendela agar anak dapat memperoleh sinar matahari langsung. Letakkan pula kursi dan meja belajar dengan tidak membelakangi lampu agar anak anda tidak mudah mengantuk saat belajar.
Semoga Bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s