Mendesain Kamar Kos

Kamar kos merupakan kamar yang paling familier di antara para mahasiswa maupun mahasiswi. Kamar kos selalu tersedia bahkan menjamur di area kampus sebagai tempat tinggal mahasiswa maupun mahasiswi suatu universitas.

Di kamar kos inilah sebagian besar mahasiswa maupun mahasiswi menghabiskan waktunya dalam memperjuangkan sebuah ijazah sarjana. Tak heran, banyak sekali mahasiswa yang sangat berat saat mereka harus pergi dari kamar kosnya yang penuh kenangan saat mereka sudah lulus dan harus pulang ke kampung halaman untuk kembali melanjutkan hidupnya dalam dunia kerja.

Pentingnya Kamar Kos yang Nyaman dan Menyenangkan

Kamar kos biasanya identik dengan kamar yang kotor, jorok dan tak beraturan. Hal ini tak dapat dipungkiri karena banyak mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menyesuaikan dri dengan lingkungan yang serba mandiri dan jauh dari orang tua. Berikut ini beberapa pertimbangan bagi anda untuk memilih kamar kos yang nyaman dan menyenangkan :

Kamar kos merupakan rumah pribadi sementara anda selama periode tertentu, oleh karena itu buatlah suasana kamar kos yang senyaman dan sebersih mungkin. Pilihlah lingkungan tempat kos yang bersih lengkap dengan kamar mandi yang terawat dan tersedianya sirkulasi udara yang baik.

Bagi anda yang senang berkreasi, pilihlah kamar kos yang diijinkan oleh pemiliknya untuk dicat ulang atau dipasangi wallpaper agar anda tidak jenuh selama tinggal di kamar kos tersebut. Perlu anda ingat tak semua pemilik kos mengijinkan pengecatan dan penambahan paku pada dinding kamar.

Bagi anda yang memiliki anggaran berlebih, pilihlah kos yang dekat dengan area kampus. Kamar kos yang disewakan di dekat area kampus biasanya dipatok dengan harga tinggi.

Kelebihannya adalah anda tidak perlu susah dan menghabiskan waktu yang lama untuk mencapai kampus. Waktu jeda kuliah pun dapat anda nikmati di kamar kos anda yang dekat. Namun jika anggaran yang anda miliki terbatas, ada baiknya anda mencari kos yang agak jauh dari area kampus agar mendapatkan kamar kos dengan harga yang lebih terjangkau.

Tips Mendesain Kamar Kos yang Nyaman

Setelah anda mendapatkan kamar kos yang tepat sesuai dengan keinginan anda, kini giliran anda mendesain kamar kos anda senyaman dan secantik mungkin. Semua itu tak lain adalah agar anda betah dalam kamar dan fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah anda. Berikut ini beberapa tips dalam mendesain kamar kos anda:

Pilihlah perabotan yang benar-benar anda butuhkan selama anda kos. Perabotan yang mutlak anda perlukan misalnya kasur dan tempat tidur, meja dan kursi belajar, almari serta televisi sebagai pengusir rasa sepi anda.

Usahakan untuk memilih perabotan yang multi fungsi seperti kursi yang dibawahnya dapat menyimpan buku, rak gantung untuk menyimpan tas, sepatu dan aksesoris, meja yang bisa dilipat, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan hemat tempat sehingga kamar kos anda akan terlihat lebih luas.

Pilihlah warna perabotan termasuk sprei dan korden dengan warna cerah yang anda sukai. Warna-warna cerah misalnya hijau muda yang dapat memberikan kesejukan, biru yang dapat memberikan rasa kedamaian dan ketenangan, pink yang penuh dengan kelembutan dan oranye atau kuning yang penuh dengan semangat dan optimisme.

Jika pemilik kos memungkinkan anda untuk mengecat warna kamar kos dengan warna yang anda sukai, baiknya anda cat dengan warna pastel yang cerah untuk memberikan kesan kamar yang lapang dan lega.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s