Langkah Melakukan Home Improvement yang Harus Anda Tahu

Banyak alasan yang dikemukakan seseorang sebelum mereka melakukan home improvement. Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa mereka bosan dengan suasana rumah yang monoton. Ada sebagian lagi yang merasa bahwa rumah tersebut sudah terlalu kecil untuk menampung anggota keluarga yang semakin bertambah. Ada juga yang karena mereka ingin mendapat keberuntungan dengan menghadirkan suasana yang baru.

Apapun alasannya, home improvement atau yang biasa disebut renovasi rumah adalah kegiatan untuk melakukan upgrade dan inovasi pada rumah Anda. Kebanyakan orang merasa bingung menentukan apa yang harus mereka lakukan pertama kali dalam home improvement. Untuk Anda yang masih bingung dalam menentukan langkah-langkah renovasi rumah yang baik dan benar, Anda bisa membaca beberapa tips renovasi rumah berikut ini.

Konsep

Pastikan jika Anda telah memiliki konsep rumah yang Anda inginkan. Konsep adalah inti dari mau dibawa kemana arah rumah Anda. Pastikan jika Anda telah menyusun konsep rumah secara matang sebelum Anda terjun langsung ke proses renovasi rumah.

Dengan konsep, Anda bisa mengetahui anggaran dan waktu yang akan Anda butuhkan dalam proyek renovasi. Anda boleh menambahkan beberapa tambahan pada konsep renovasi rumah. Namun, pastikan jika tambahan tersebut masih bisa Anda kendalikan, terutama dalam hal biaya.

Dana

Jika konsep sudah di tangan, maka saatnya Anda beralih ke langkah selanjutnya. Yang tidak kalah pentingnya dengan konsep home improvement adalah anggaran dana. Dana menentukan sejauh mana rumah Anda akan dilakukan renovasi. Dengan dana yang lebih banyak, Anda bisa melakukan renovasi rumah dengan lebih banyak lagi.

Lakukan rencana anggaran dana dengan mengecek harga material di toko terdekat. Ada banyak toko material yang tersedia di pasaran. Anda bisa pergi kesana dan meminta daftar harga bahan-bahan material yang Anda butuhkan. Dengan mengetahui harga material tersebut, Anda bisa menghitung besarnya dana yang akan Anda butuhkan dalam proyek renovasi ke depan.

Pastikan jika Anda juga memberi dana tambahan sebesar 25% dari dana anggaran untuk persiapan jika ternyata ada kenaikan harga.

Waktu

Langkah penting berikutnya dalam home improvement adalah perkiraan waktu. Kita tidak bisa melakukan renovasi hanya semalam dan besoknya sudah jadi, kecuali jika renovasi tersebut termasuk renovasi kecil dan tidak begitu mempengaruhi kondisi rumah Anda.

Jika Anda ingin melakukan renovasi yang cukup besar, Anda harus bisa menghitung perkiraan waktu yang dibutuhkan dari awal pengerjaan sampai rumah tersebut jadi. Anda bisa menyusun target renovasi yang harus dikselesaikan pekerja dalam sehari.

Terkadang, konsep rumah dengan estimasi waktu yang sudah dibuat pun bisa mengalami kemunduran dari jadwal waktu yang seharusnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi cadangan waktu sebesar 30% dari waktu pelaksanaan.

Cek Kondisi Rumah

Sebelum Anda melakukan home improvement, Anda perlu mengetahui kondisi awal rumah Anda. Ini penting karena Anda bisa menentukan apa saja komponen rumah yang perlu diganti dan diupgrade dan mana saja yang masih bisa digunakan.

Bagi Anda yang masih awam dalam hal renovasi rumah, Anda bisa berkonsultasi kepada para arsitek atau tukang yang sudah berpengalaman dan professional dalam hal ini. Mintalah mereka untuk mengecek keadaan rumah Anda.

Sebaiknya Anda tidak membongkar dinding dan kolom yang merupakan kerangka utama dari rumah. Hal ini bisa mempercepat pengerjaan renovasi rumah. Namun hal ini tidak berlaku jika Anda memang ingin membangun kembali rumah Anda dari nol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s