Cara Melakukan Perbaikan Rumah secara Massal

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap makhluk hidup, baik binatang maupun manusia. Hanya saja istilah penggunaannya yang berbeda, dimana tempat tinggal binatang adalah kandang sedangkan tempat tinggal manusia adalah rumah.

Berbicara tentang rumah, benda yang satu ini terlepas ukurannya besar atau kecil merupakan benda yang sangat penting fungsinya.

Sesuai dengan fungsinya, rumah ini memiliki banyak fungsi, antara lain: rumah menjadi tempat berlindung dari berbagai musim, baik negara yang memiliki dua musim maupun negara yang memiliki empat musim; rumah sebagai tempat untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, sahabat, atau kolega; dan rumah menunjukkan gaya hidup seseorang.

Bahkan, seiring dengan perkembangan jaman, rumah telah menjadi pilihan investasi yang hasilnya cukup menggiurkan bagi orang-orang yang memiliki kelebihan dana.

Untuk masyarakat di kelas tertentu

Rumah adalah penanda tingkat kesejahteraan seseorang. Maksudnya adalah kita dapat menilai rumah seseorang melalui penghasilan orang tersebut apakah penghasilan orang tersebut sudah cukup atau belum.

Dapat digambarkan, jika penghasilan seseorang hanya berkisar Rp 250.000 atau kurang, tentu dia tidak memiliki rumah di dalam suatu perkompleksan, melainkan mungkin hanya ruang yang ada di sela-sela bangunan lain yang kemudian ia ubah menjadi tempat tinggal ala kadarnya dengan kardus, triplek, kayu bekas, dan sebagainya.

Dapat juga digambarkan dengan seseorang yang bekerja dan mendapatkan penghasilan sebulan kurang dari UMP (Upah Minimum Propinsi), tempat tinggal yang ia bangun berada di wilayah yang mungkin tidak diperbolehkan untuk dibangun seperti pinggiran kali atau sungai, pinggiran rel kereta api, atau bahkan di wilayah yang memiliki tegangan listrik tinggi dan dengan bahan bangunan yang sederhana seperti triplek, kayu bekas, besi bekas, dan sebagainya. Sungguh menyedihkan bukan?

Satu hal lagi, tempat tinggal yang mereka bangun belum tentu memiliki sistem pembuangan yang baik dan sehat. Hal ini disebabkan pembuangan sampah atau kotoran rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit dimulai dari bahan bangunannya hingga desainnya. Oleh karena itu, kita banyak menjumpai tempat tinggal di pinggiran sungai dikarenakan mereka tidak perlu membangun tempat pembuangan kotoran yang diakibatkan dari kegiatan di rumah.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa masyarakat kelas bawah belum tentu memiliki rumah yang layak. Lalu bagaimanakah orang-orang tersebut (masyarakat kelas ke bawah) dapat memiliki rumah yang layak?

Disinilah perbaikan rumah mereka dilakukan secara besar-besaran antara lain dengan melakukan memperbaiki tempat tinggal atau rumah yang berupa rumah susun (rusun) yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.

Kegiatan perbaikan ini tentunya juga meliputi fasilitas-fasilitas yang lain sehingga masyarakat ini merasa betah dan tidak tertarik lagi untuk membangun tempat tinggal di tempat yang tidak aman bagi keselamatan mereka dan tidak sehat bagi kehidupan mereka dalam jangka waktu panjang.

Dengan demikian, masyarakat kelas bawah ini pun dapat menikmati dan memiliki rumah yang layak walaupun ukurannya kecil atau meski mengeluarkan biaya sewa (yang seharusnya ditetapkan biaya sewa murah).

Peran serta ikut berpengaruh

Mereka selaku penghuni tempat tinggal di rumah susun juga memiliki pengaruh terhadap perbaikan tempat tinggal atau rumah yang telah dilakukan oleh pihak-pihak yang berwajib. Dimulai dari kebersihan unitnya masing-masing, seperti jangan membuang sampah di saluran pembuangan air. Hal ini dapat mengakibatkan saluran air mampet dan dapat mengakibatkan banjir.

Selain itu, keamanan, posko keamanan yang telah diperbaiki, fungsinya jangan disalahgunakan menjadi tempat untuk nongkrong atau yang tidak bermanfaat. Dengan menjaga perbaikan tempat tinggal atau rumah, kenyamanan, kesehatan, dan keamanan akan dirasakan oleh penghuni tempat tinggal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s