Tips Rumah Aman untuk Anak

Ketika kita membuat home improvement karena akan adanya kehadiran seorang anak, maka anda bisa melakukan berbagai tips di bawah ini untuk membuat rumah anda menjadi tempat yang aman untuk anak anda.

Bagian luar

Jika anda memiliki bagian luar rumah seperti halaman, maka area ini harus bisa dijadikan tempat bermain anak anda. Anak-anak membutuhkan waktu berada di luar rumah dan dekat dengan alam untuk dapat mengeksplorasi unsur-unsur kehidupan lainnya.

Jika rumah anda berada di pinggir jalan yang sering dilewati oleh kendaraan, maka pastikan anda membuat pagar yang aman sehingga anak tidak dapat keluar dari rumah tanpa sepengawasan anda.

Selain itu, anda juga harus selalu mengunci pagar anda. Ketika anak sedang belajar berjalan, maka sering mereka menelurusi berbagai tempat, termasuk langsung ke luar rumah jika memang tidak dikunci.

Jika pagar anda memiliki motif, pastikan motifnya tidak mudah dipanjat oleh anak. Anak-anak juga suka memanjat dan pastinya akan sangat berbahaya jika mereka bisa memanjatnya. Jika memang pagar yang sudah ada tersebut mudah untuk dipanjat, maka anda bisa saja menambahkan polikarbonat sehingga menutupi tempat panjatannya.

Bagian dalam

Bagian dinding rumah adalah tempat kreasi favorit anak. Begitu mengenal alat tulis, maka dinding biasanya menjadi sasaran pertama untuk mengeluarkan dan mengeksplorasi kemampuan anak dalam menggunakan alat tulis. Maka sebaiknya, anda tidak perlu mengecat dinding anda terlebih dahulu atau jika tidak, anda dapat menggunakan cat yang bisa dengan mudah dibersihkan.

Sedangkan untuk lantai, ada baiknya anda memilih keramik yang tidak terlalu licin. Jika anak anda sedang belajar berjalan, maka lantai licin sering membuat mereka terpelesat. Namun jika anda merasa mengganti lantai merupakan pekerjaan yang memakan biaya terlalu besar, maka anda bisa saja menambahkan karpet ataupun karet di atas lantai anda.

Selain bisa mengurangi kemungkinan anak terpeleset, karpet juga dapat memberikan kehangatan. Hanya saja, anda harus membersihkan karpet secara teratur, terutama jika anak anda sering ngompol. Selain berbau, ompol anak biasanya akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Anak kecil masih mudah terserang penyakit, oleh karena itu, kita bisa menghindarinya dengan membersihkan secara teratur.

Jika rumah anda terdiri lebih dari satu lantai, maka tangga merupakan daerah yang berbahaya. Anak-anak biasanya suka sekali naik turun tangga dan bermain di area tangga. Oleh karena itu, pastikan tangga anda menggunakan lantai yang tidak licin seperti lantai yang memiliki tekstur. Kemudian, desainlah tangga yang tidak curam sehingga mengurangi resiko terpeleset.

Untuk keamanan yang lebih, pasanglah pintu di bagian bawah tangga. Pintu ini akan membatasi area lantai satu dan tangga sehingga anak tidak bisa naik tanpa membuka pintu tersebut.

Area lain yang harus anda pasangi lantai ekstra ‘keset’ adalah kamar mandi. Kita tahu bahwa anak-anak sangat suka main air. Maka dari itu, kamar mandi bisa menjadi salah satu tempat favorit mereka. Pastikan di kamar mandi anda tidak ada sudut yang lancip karena ini akan menjadi sangat berbahaya.

Jika anda memiliki saklar listrik yang terletak di bagian dinding bawah, maka sebaiknya anda membeli penutup saklar yang banyak dijual bebas. Ini akan memastikan anak anda terhindar dari bahaya setrum. Anak sering mengikuti perilaku orang tua, termasuk menyambungkan kabel ke listrik, namun mereka belum memahami bahaya listrik. Oleh karenanya, ini amat penting untuk dicermati.

Di berbagai toko, anda juga bisa menemukan penutup bagian lancip seperti pelindung ujung meja. Ini penting untuk dibeli supaya anak yang sedang belajar berjalan dan beraktifitas di dalam rumah terhindar dari ujung-ujung perabot yang lancip.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s