Memilih Pintu Eksterior

Hal yang Perlu Diketahui

Walaupun sepertinya mudah, namun memilih pintu eksterior bisa menjadi hal yang cukup sulit. Ini dikarenakan macam bahan pintu eksterior amatlah beragam. Belum lagi jika kita memikirkan model dan warna yang kita inginkan.

Jadi sebelum melakukan home improvement, ada beberapa hal yang perlu anda pikirkan. Pintu eksterior memang menjadi salah satu pusat perhatian rumah jika tampak dari luar sehingga pastinya kita membutuhkan pintu dengan desain yang apik.

Namun demikian, ada satu hal yang juga perlu kita ingat, yaitu keamanan. Sebagai pembatas antara rumah dengan area luar, kita membutuhkan pintu yang aman bagi kita. Bagaimanapun juga, akan ada saat-saat dimana kita tidak berada di rumah, oleh karena itu, kita membutuhkan pintu yang bisa menjaga keamanan barang-barang kita bahkan ketika kita tidak sedang berada di rumah.

Jenis Material Pintu

Ada beberapa jenis material pintu, yaitu:

Kayu

Pintu depan yang terbuat dari kayu merupakan pintu yang paling banyak dipergunakan untuk kebutuhan rumah tinggal. Kayu memang memberikan nuansa alami yang tidak lekang oleh waktu dan sekaligus memiliki kekuatan yang tinggi.

Pintu kayu tidak mudah untuk dirusak orang dan tidak pula mudah rusak karena cuaca. Ada berbagai macam pintu kayu seperti pintu mahoni, kalimantan, nangka dan jati. Pintu jati merupakan pintu yang paling banyak dicari orang karena terkenal akan kekuatannya.

Sayangnya, kayu mudah diserang oleh rayap. Jika sudah begitu, dalam waktu beberapa hari saja pintu bisa rusak. Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya kita memeriksa terlebih dahulu sebelum membeli, apakah kayu tersebut sudah mengalami berbagai proses yang dapat membantu untuk membuat bahannya tahan lama dan tahan terhadap rayap.

Logam

Banyak logam yang dapat dipergunakan untuk membuat pintu, namun demikian, sebenarnya pintu logam biasanya terbuat dari berbagai kombinasi material. Pada pintu logam terdapat unsur-unsur yang biasanya terbuat dari kayu. Bagian dalam yang terbuat dari kayu biasanya dimaksudkan agar kayu memberikan pintu tersebut kekuatan dan stabilitas.

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, kayu memang memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Sedangkan bagian lain terbuat dari busa untuk memungkinkan adanya insulasi sehingga kulit logam menjadi tahan lama dan tidak mudah berkarat serta membutuhkan perawatan yang tidak banyak.

Pintu logam bisa dicat warna apapun sesuai dengan keinginan anda, namun demikian, yang perlu anda ingat adalah bahwa cat tersebut haruslah merupakan cat yang khusus untuk logam. Kemudian untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya diberikan finishing PVC sehingga membuat logam tersebut terlihat indah.

Fiberglass

Salah satu bahan pintu eksterior terbaru adalah fiberglass. Bahan yang satu ini memiliki prinsip seperti pintu eksterior yang terbuat dari logam, namun bagian paling luarnya terbuat dari fiberglass dan bukanlah dari logam.

Fiberglass banyak disukai orang karena memang bahan yang satu ini amatlah kuat, tahan lama serta dapat mengalirkan cahaya ke dalam ruangan sehingga mendukung efisiensi energi.

Seperti layaknya bahan-bahan lainnya, bahan yang satu ini juga dapat diberi warna sesuai dengan keinginan si pemilik rumah, namun demikian, bahan yang satu ini masih memiliki kelebihan lainnya, yaitu dapat diembos sehingga bisa menciptakan tekstur yang indah.

Vinyl

Vinyl juga merupakan jenis material pintu yang baru. Material yang satu ini banyak digunakan dengan kombinasi material lainnya seperti kayu, alumunium dan berbagai material lainnya. Material ini tahan pecah dan memberikan perlindungan lebih handal. Material yang satu ini juga amat kuat melawan cuaca yang mungkin tidak bersahabat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s