Tips Sederhana Merencanakan dan Merenovasi Rumah

Merenovasi bukanlah perkara sederhana, namun dapat dibuat sederhana dengan perencanaan yang cermat dan tepat. Ada beberapa hal yang harus dipentimbangkan dan juga dipersiapkan berkaitan dengan proyek merenovasi atau memperbaiki rumah.

Membuat desain yang cermat dan penuh perhitungan berdasarkan kondisi rumah yang telah ada adalah hal yang mutlak guna memudahkan proyek merenovasi rumah. Dengan perencanaan dan desain yang detail dan cermat; maka akan memudahkan tukang dan pekerja lain untuk mengeksekusi keinginan pemilik rumah berdasarkan desain yang telah dibuat.

Meminta bantuan profesional guna membuat desain renovasi atau perbaikan rumah sebenarnya sangat dianjurkan karena akan mempermudah berbagai macam hal; namun di sisi lain akan menambah biaya karena harus membayar jasa arsitek atau desainer guna membuat gambar rancangan renovasi atau perbaikan rumah.

Merencanakan Perbaikan Rumah

Pemilik rumah yang ingin melakukan perbaikan atau renovasi rumah harus mempunyai gambaran mengenai hasil akhir rumah yang diinginkan guna membuat desain perencanaan rumah yang baik.

Mengenali kondisi rumah yang ada dan apa yang ingin dilakukan untuk merubah atau memperbaikinya adalah dasar dari proses pembuatan rancangan desain renovasi rumah. Dengan desain dan perencanaan yang cerdas dan cermat; maka akan ada banyak keuntungan dan kemudahan yang dapat diperoleh saat proyek perbaikan rumah dilakukan.

Rancangan yang baik dan detail akan memudahkan proses penghitungan anggaran belanja bahan dan material bangunan yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Oleh karena itu; sangat dianjurkan untuk membuat desain perbaikan rumah secara detail guna menghitung anggaran dengan cermat yang akan memudahkan pengelolaan keuangan dalam menjalankan proyek perbaikan rumah.

Dengan perencanaan perbaikan rumah yang detail dan terperinci; akan diperoleh data kebutuhan bahan dan material yang terperinci pula.

Menggunakan kembali bahan atau material yang saat ini telah dipakai pada rumah yang akan direnovasi akan menghemat banyak pengeluaran. Di sinilah pertimbangan desain dan perencanaan dapat dimainkan agar bahan bangunan lama dapat dimanfaatkan kembali.

Pemanfaatan bahan yang dapat diambil dari konstruksi rumah yang lama seperti rangka bangunan, kayu, kusen ataupun daun pintu dan jendela akan memberi kontribusi penghematan yang sangat besar.

Selain mengurangi belanja bahan bangunan juga akan mengurangi ongkos tenaga yang mengerjakan pembuatan kusen atau daun pintu dan jendela karena sudah tersedia barang jadi yang tinggal dipasang. Melakukan finishing atau pengecatan ulang dapat memberikan kesan baru pada bahan lama yang kembali dipakai setelah rumah direnovasi.

Menjalankan Proyek Perbaikan atau Renovasi Rumah

Setelah desain selesai dibuat dan anggaran selesai disusun; maka seorang pemilik rumah yang ingin memperbaiki atau merenovasi rumahnya dapat mulai menjalankan proyek perbaikan rumah yang telah direncanakan.

Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan terkait dengan pelaksanaan perbaikan atau renovasi rumah yang akan dilakukan. Memilih musim kemarau untuk melakukan renovasi rumah adalah tindakan cerdas yang dapat dilakukan oleh pemilik rumah. Menjalankan proyek pembangunan di musim hujan akan banyak menemui kendala karena cuaca mulai dari gangguan hujan pada tukang yang bekerja, penyimpanan bahan dan material bangunan.

Selain itu kualitas bangunan yang dibuat juga dapat menerima efek kurang baik dari kondisi hujan seperti lebih lama kering ataupun kerusakan akibat guyuran hujan.

Dengan perencanaan yang cermat, akan diperoleh solusi pembangunan yang lebih murah dengan cara borongan dibandingkan dengan upah harian. Memilih pemborong bangunan yang terpercaya adalah hal yang mutlak dilakukan guna memudahkan pengawasan dan mengurangi resiko kecurangan dari pemborong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s