Tips Mempercantik Dapur Rumah

Rumah bagi banyak orang merupakan tempat yang sangat penting karena rumah merupakan tempat berlindung sekaligus berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. Dalam membangun rumah, tentu ada berbagai hal yang harus diperhatikan agar rumah terasa nyaman dan benar-benar mampu menyediakan fungsi yang dibutuhkan oleh penghuninya.

Misalkan saja dapur sebagai salah satu elemen penting dalam rumah. Dapur bukan sekedar tempat yang bisa digunakan untuk memasak saja karena penting bagi setiap rumah modern untuk mempunyai dapur yang tidak saja fungsional tetapi juga cantik. Dengan dapur yang cantik dan nyaman, Anda pun akan lebih betah berada di dapur dan lebih semangat dalam memasak untuk keluarga.

Kriteria Dapur Nyaman dan Cantik

Tidak sembarang dapur bisa menyandang predikat dapur cantik karena untuk menyandang predikat dapur cantik, dapur tersebut harus memenuhi beberapa kriteria penting.

Salah satu kriteria yang paling penting untuk sebuah dapur yang cantik adalah kebersihan. Dapur yang cantik pastinya adalah dapur yang bersih karena semewah apa pun desain dapur yang Anda miliki, keindahannya tidak akan terpancar jika dapur tersebut penuh dengan kotoran, debu, dan sampah.

Kriteria selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penataan ruangan dapur itu sendiri. Anda tentu perlu lebih cermat menata perabot yang ada di dapur agar tidak berantakan dan membuat dapur terasa sesak dan semrawut.

Dapur identik dengan tempat yang penuh dengan berbagai bahan masakan dan bau-bauan yang berasal dari proses memasak.

Alangkah tidak nyamannya jika dapur Anda dipenuhi dengan bau-bauan yang bercampur-baur karena udara di dalam dapur tidak mengalir dengan lancar. Anda tentu perlu memastikan bahwa dapur Anda mempunyai sirkulasi udara yang baik agar udara dapat mengalir dengan lancar sehingga bau-bauan yang bercampur baur tidak akan terjadi.

Selain sirkulasi udara, dapur yang cantik juga memerlukan cahaya yang baik karena dapur yang suram tentu tidak akan terlihat menarik dan tentu tidak akan nyaman digunakan untuk memasak. Dekorasi ruangan dapur merupakan kriteria penting terakhir untuk membuat dapur yang cantik.

Cara Sederhana Membuat Dapur Cantik

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat dapur yang cantik dan tentunya hal tersebut harus dimulai dari proses pembangunan dapur sejak awal. Luas dapur perlu diperhatikan saat membangunnya karena ruang dapur yang terlalu sempit tentu akan membuat Anda merasa kesulitan dan tidak leluasa dalam memasak.

Untuk menjaga sirkulasi udara agar lancar, Anda perlu pula memastikan bahwa dapur Anda mempunyai akses langsung terhadap udara terbuka misalnya dengan memasang jendela yang cukup luas untuk pencahayaan dan sirkulasi udara.

Ada kalanya Anda mempunyai dapur yang memang tidak begitu luas dan untuk mengakali dapur tersebut agar tidak semakin terasa sempit, Anda perlu meletakkan perabotan seperlunya saja seperti meja, kompor, dan tempat cuci saja.

Jendela juga merupakan elemen penting yang akan berpengaurh pada fungsi dan keindahan dapur Anda. Dapur Anda perlu mempunyai bukaan jendela yang lebih banyak dan luas agar udara mengalir dengan lancar sehingga dapur Anda tidak akan terasa pengap dan mengganggu kenyamanan Anda dalam memasak.

Meskipun jendela sangat bermanfaat untuk mendukung masuknya pencahayaan alami dalam dapur, Anda perlu pula menambah aplikasi lampu pada dapur untuk mendukung pencahayaan di sore atau malam hari.

Dekorasi tambahan untuk dapur bisa pula ditambahkan untuk mempercantik dapur dengan menambahkan tanaman hias di sudut dapur, lampu hias, maupun hiasan dinding. Tak lupa, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan dapur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s