Tips Menyukseskan Renovasi Rumah

Ketika anda sedang duduk di dalam rumah anda, pernahkah anda merasa bosan atau jenuh?

Bukan karena anda sedang tidak ada kegiatan namun karena anda jenuh dengan bentuk rumah anda yang tidak pernah berubah. Perasaan jenuh dengan rumah anda akan sama bahayanya dengan perasaan jenuh dengan pasangan anda, yang mana hal ini akan sangat berbahaya padahal rumah merupakan elemen paling penting dalam kehidupan kita.

Untuk menghilangkan perasaan jenuh pada rumah anda, ada baiknya anda melakukan sedikit renovasi. Tak perlu membuat perubahan besar-besaran, perubahan disana-sini sudah cukup meniupkan atmosfir yang berbeda di kehidupan anda.

Untuk anda yang berencana melakukan renovasi rumah, berikut ini beberapa ulasan agar renovasi anda sukses baik itu dalam segi finansial maupun teknis.

Anggaran Renovasi

Banyak orang ingin melakukan renovasi pada rumah mereka dengan berbagai macam alasan antara lain karena memang ada bagian rumah yang rusak ataupun karena ada penambahan jumlah keluarga. Namun rata-rata mereka terganjal soal biaya yang akan dikeluarkan saat proses renovasi yang mana kita tahu sendiri bahwa anggaran renovasi rumah tidaklah sedikit.

Rata-rata, orang-orang menyiapkan uang dengan jumlah tertentu, katakanlah sekian juta, lalu mereka siap dengan proses renovasi. Masalah datang ketika jumlah yang disiapkan ternyata tidak bisa menutup biaya renovasi sehingga proses pun setengah selesai.

Sebelum anda mengubungi kontraktor untuk memulai proses renovasi rumah anda, ada baiknya anda menerapkan rumus-rumus sebagai berikut dalam merancang anggaran rrenovasi rumah anda

Pertama, anda harus memperkirakan dahulu kira-kira berapa lama anda akan tinggal di rumah tersebut.

Jika anda tidak punya rencana untuk pindah dalam jangka 11 tahun kedepan, maka anda harus menyiapkan dana lebih besar untuk renovasi karena anda akan membangun rumah impian anda. Namun jika anda berniat untuk pindah ke suatu tempat, anda hanya perlu melakukan renovasi ringan di beberapa bagian dalam rumah anda saja.

Setelah anda selesai berkutat dengan acara perhitungan biaya renovasi, ada baiknya juga “mengkondisikan” dengan pendapatan anda. Jangan sampai biaya renovasi rumah anda menjadikan listrik rumah anda diputus PLN karena anda telat membayar tagihan.

Hitung jumlah semua kebutuhan lalu kurangkan dengan jumlah pendapatan anda. Untuk mengurangi biaya renovasi, sebaiknya anda menggunakan lagi barang-barang yang masih digunakan seperti misalnya tempat cuci piring yang masih bisa dipakai.

Aksi Renovasi

Ketika anda sudah selesai hitung menghitung jumlah anggaran yang akan anda habiskan untuk merenovasi rumah, sekarang saatnya untuk beralih ke masalah yang lebih bersifat fisik yakni model atau design rumah anda. Memilih model renovasi rumah tak sama dengan memilih baju di toko. Anda harus memikirkan kenyamanan, fungsi serta tata estetika rumah anda.

Jika anda tidak mempunyai ide, anda bisa melihat majalah atau tabloid tentang rumah sehingga ide anda tidak monoton itu-itu saja. Model-model yang ditawarkan di majalah property biasanya lebih luas serta beragam.

Kalau anda memiliki kebun atau taman di belakang rumah atau di sekitar rumah, hal ini akan sangat menguntungkan bagi anda, mengapa?

Karena anda hanya perlu menonjolkan sisi itu untuk bisa memberi warna lain pada rumah anda. Garden landscape memberi efek sejuk untuk rumah-rumah modern yang umumnya terletak di kota-kota besar. Dengan sedikit menambahkan batu-batuan alami serta air mancur, maka rumah anda akan berubah bak taman floral yang menyejukan mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s