Tips Memilih Meja Makan Sesuai Dengan Ruangan

Meja makan merupakan salah satu furniture yang penting di dalam rumah anda, khususnya di ruang makan karena di ruang makan inilah seluruh anggota keluarga anda berkumpul dan menikmati hidangan setiap harinya. Oleh karena itu, jika saat ini anda berencana untuk mengganti meja makan di rumah anda, anda harus memilih meja makan yang tepat sehingga anda dan keluarga pun nantinya lebih nyaman dengan meja makan yang baru tersebut.

Saat ini meja makan memang tersedia dengan berbagai macam ukuran dan bentuk sehingga anda pun memiliki cukup banyak alternatif untuk dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Banyak orang yang seringkali memilih meja makan tanpa memperhatikan hal – hal yang vital sehingga pada akhirnya meja makan kurang sesuai dengan ruangan dan kebutuhan oleh penghuni rumah. Untuk menghindari ketidak-sesuaian dan memastikan bahwa meja yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan anda, berikut ini beberapa tips yang dapat anda gunakan ketika memilih meja makan.

Menentukan Material Yang Akan Dipilih

Trend meja makan saat ini tidak hanya meja makan berbahan kayu tetapi juga ada meja makan dengan bahan kaca dan alumunium yang lebih banyak diminati untuk rumah dengan gaya modern.

Walaupun demikian, meja makan berbahan kayu masih tetap menjadi primadona untuk dipilih karena selain kuat, meja kayu juga tahan lama dan tidak mudah rusak. Jika anda ingin memilih meja makan dari kayu, pilihlah meja yang terbuat dari kayu berkualitas bagus seperti jati dan mahoni. Jenis kayu ini dapat bertahan hingga puluhan tahun dan tidak rapuh.

Hindari memilih meja makan yang terbuat dari bahan gabungan atau komposit misalnya Medium Density Fiberboard (MDF). MDF terbuat dari campuran kayu halus dan keras yang dipress menjadi seperti papan. Walaupun meja berbahan MDF tahan lama, namun bahan ini tidak sekuat kayu murni.

Meja kayu memang harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan MDF. Namun, harga tersebut sangat sebanding dengan uang yang anda keluarkan. Jika anda ingin memilih meja makan dengan bahan lain yang tidak kalah kokoh, anda dapat memilih meja marmer atau meja makan berbahan metal.

Pilih Meja Makan Sesuai Dengan Luas Ruangan

Sebelum anda mulai mencari meja makan di toko – toko furniture, alangkah baiknya jika anda mengukur ruang makan anda terlebih dahulu sehingga anda dapat memilih meja makan yang sesuai untuk luas ruang makan anda, khususnya jika ruang makan anda termasuk berukuran kecil.

Hal ini berfungsi untuk menghindari meja makan yang terlalu kecil untuk ruangan yang luas atau terlalu besar untuk ruang makan yang sempit. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah anda harus dapat bergerak dan berjalan di antara kursi dan meja.

Banyak, toko furniture yang sudah menyediakan meja makan dengan berbagai macam ukuran. Namun, jika anda tidak mendapatkan ukuran yang benar – benar pas untuk ruang makan anda, anda dapat memesan meja makan dan ukuran yang anda inginkan. Namun, harganya mungkin akan sedikit lebih mahal.

Selain ukuran, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bentuk dari meja makan. Untuk ruangan yang kecil, meja makan berbentuk oval atau lingkaran dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan ruang kosong sehingga ruang makan tidak terlihat begitu penuh.

Jika anggota keluarga di rumah anda cukup banyak dan anda memiliki ruangan yang luas, meja makan berbentuk persegi panjang dapat menjadi pilihan yang tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s