Tepat Menata Pencahayaan Rumah

Rumah sehat dan cantik tidak bisa dipisahkan dari faktor pencahayaan yang dipasang di dalam rumah. Setidaknya ada dua jenis sumber pencahayaan yang bisa Anda gunakan di dalam rumah, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan yang berasal dari lampu-lampu yang dipasang di dalam rumah.

Keduanya perlu dipadukan dengan baik agar di siang hari sumber pencahayaan alami bisa dimanfaatkan secara optimal untuk menerangi dan menambah aksen keindahan di dalam rumah. Sementara untuk pencahayaan malam hari, lampu-lampu yang digunakan benar-benar bisa mendukung kebutuhan cahaya serta menambah aksen keindahan di dalam rumah itu sendiri.

Dengan penataan pencahayaan yang sesuai dan efisien, Anda pun bisa lebih berhemat dalam pos biaya energi.

Tipe Pencahayaan

Pencahayaan buatan yang mungkin sering Anda temukan di hotel bintang lima misalnya memberikan suasana tersendiri yang membuat ruangan menjadi terlihat indah dan nyaman. Untuk membawa suasana tersebut ke dalam rumah Anda, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan seperti fungsi serta jenis lampu, warna cahaya, daya, dan aplikasinya di dalam ruangan.

Meskipun pencahayaan rumah merupakan bahasan yang cukup rumit, Anda bisa mengeal sistem pencahayaan ruang lebih jauh dengan cara mengenali tipe pencahayaan berdasarkan fungsinya terlebih dahulu.

Tipe pencahayaan yang pertama adalah sistem pencahayaan umum atau general yang disebut juga ambient lighting. Untuk pencahayaan tipe ini, beberapa titik lampu bisa dipasang dengan dilengkapi dengan dimmer untuk mengatur cahaya sesuai dengan kebutuhan.

Tipe yang kedua adalah sistem pencahayaan sebagai pusat perhatian atau yang disebut pula focal lighting. Contoh focal lighting yang cukup umum adalah chandeliers atau lampu gantung. Lampu untuk pencahayaan jenis ini biasanya mempunyai desain yang mencolok dan mempunyai fungsi sebagai pusat perhatian.

Tipe pencahayaan selanjutnya digunakan untuk aktivitas khusus atau task lighting. Task lighting mempunyai fungsi untuk membantu pencahayaan untuk keperluan atau kegiatan khusus misalnya bekerja maupun membaca. Lampu baca merupakan contoh task lighting yang sudah cukup akrab di tengah masyarakat Indonesia.

Tipe terakhir adalah pencahayaan untuk menyorot objek tertentu atau yang lebih disebut accent lighting. Pencahayaan jenis ini lebih berfungsi untuk memberi nuansa yang berbeda di dalam ruangan atau bahkan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Pencahayaan ini biasa digunakan untuk menyorot objek yang dianggap menarik seperti pajangan karya seni, detail arsitektur, maupun perabotan.

Tips Menata Pencahayaan

Setelah mengenal fungsi dari pencahayaan buatan terhadap ruang, kini Anda bisa memastikan jenis-jenis pencahayaan yang akan digunakan disetiap ruangan.

Hal ini perlu diperhatikan lebih dalam karena setiap ruang mempunyai fungsi yang berbeda yang menyebabkan kebutuhan pencahayaan pun akan berbeda sehingga pencahayaan tersebut akan membawa suasana yang tepat sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri.

Untuk itu, Anda perlu menentukan fungsi pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing ruangan sehingga ruangan tidak akan terlalu terang atau terlalu gelap.

Jenis cahaya lampu yang akan digunakan pun perlu diperhatikan agar fungsi di setiap ruang bisa didapatkan secara optimal. Lampu cool white misalnya biasa digunakan di ruang yang membutuhkan cahaya terang sementara lampu jenis warm white akan memberikan sedikit sentuhan cahaya kekuningan.

Untuk ruangan tertentu seperti ruang makan, lampu yang sedikit remang akan mendukung suasana yang lebih hangat dan intim sehingga lampu gantung (chandelier) atau pendant lamp bisa digunakan untuk mendapatkan ruang makan yang lebih romantis dan hangat.

Untuk kepraktisan, Anda bisa menggunakan dimmer untuk mengatur cahaya di sebuah ruangan agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s