Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Home Improvement

Kenyamanan dan kehangatan memang bisa ditemukan di mana saja, dari siapa saja, dan bagaimanapun bentuknya. Namun, bagi kebanyakan orang di dunia ini, kenyamanan dan kehangatan rumah yang diisi oleh orang-orang terkasih merupakan satu hal yang tak tertandingi.

Rumah yang indah dan megah dari sisi arsitektur dan interiornya merupakan nilai tambah. Dengan perabot dan desain bagian luar maupun dalam yang mewah sekalipun bila tidak ada kenyamanan dari (para) penghuninya tentu akan terasa dingin dan hambar. Lumrahnya, seseorang akan menghindari dan mengusir rasa hampa itu dari rumahnya.

Anggaran dan Kualitas

Anggaran sudah pasti menjadi unsur paling utama dalam hal home improvement. Perhitungkan dengan cermat semua anggaran yang harus dipersiapkan.

Teliti serta hitung berulang-ulang biaya yang sekiranya akan dikeluarkan untuk semua instrumen dan bahan renovasi rumah, dari yang remeh-temeh seperti sarung bantal untuk sofa, kain gorden, kertas dinding, sampai material yang penting seperti semen, batu bata atau batako, kayu, bebatuan hias, ubin, dan seterusnya.

Menekan biaya perombakan rumah bisa dilakukan dengan banyak cara, dari membeli barang bekas yang masih layak pakai sampai melakukan home improvement sendiri. Hanya, pertimbangkan segalanya dengan tepat agar tidak salah langkah.

Saat memutuskan hendak memanfaatkan barang bekas, tetap perhatikan kualitas barang. Jangan sampai karena begitu berhasratnya ingin menekan biaya, barang yang bermutu rendah pun dibeli, ini juga berlaku untuk barang baru.

Apalagi bila berniat untuk mendekorasi rumah sendiri tanpa bantuan orang lain atau tukang, pastikan anda telah memiliki perkakas yang tepat untuk mendukung kegiatan tersebut dan membelinya bila belum mempunyainya, seperti misalnya gergaji, palu, tang, kuas, pita ukur alias meteran, dan lain-lain.

Bantuan Profesional dan Tema Rancangan

Lain soal bila memang ingin mengandalkan spesialis. Mencari pakar atau setidaknya orang yang berpengalaman dalam bidang ini untuk membantu ataupun mengawasi selama perbaikan rumah, atau hanya sekadar untuk meminta gagasan, saran, dan panduan.

Bila ingin melakukan perombakan kecil, dan walau merasa amatir dalam hal ini tapi masih bisa dilakukan sendiri, tentu akan lebih leluasa dalam menuangkan gagasan dan kreativitas.

Sebaliknya, perombakan besar memerlukan seorang profesional yang tentunya memang sudah diakui kepiawaiannya. Karena bila salah estimasi—baik dari segi anggaran maupun perhitungan di segi rancangan bangunan—dapat mengacaukan proses perbaikan rumah.

Lebih-lebih bila perbaikan yang berkaitan dengan sistem perpipaan, walau kesannya mudah, pekerjaan pipa memerlukan ahlinya. Bila tidak kompeten dalam hal ini, sebaiknya jangan perbaiki sendiri saluran pipa di rumah.

Sebagai persiapan dalam merombak hunian, mencari ide dan panduan dari tayangan televisi, video khusus dekorasi dan perbaikan rumah, buku, majalah, artikel internet, atau lainnya akan sangat menolong mengaktualisasikan gambaran yang diinginkan.

Rancangan yang sesuai dengan iklim tempat rumah terletak tentu akan menambah kenyamanan penghuni.

Akan lebih mudah bila membuatnya sesuai tema. Tema bisa bersumber atau terinspirasi dari selera, minat, atau aktivitas kesukaan. Inspirasi tema dapat berasal dari alam atau teknologi. Tema retro, klasik, futuristik, minimalis, tradisional, modern, kontemporer tentu sesuai dengan kata hati dapat menjadi pilihan untuk mengikat hati dengan rumah.

Ornamen dan aksesoris sebagai dekorasi atau materi fungsional akan ikut mempertegas gaya dan tema yang dipilih.

Hal yang penting untuk dilakukan sebelum semua dilaksanakan adalah membicarakannya dengan pasangan atau keluarga. Terutama bila berkaitan dengan kamar anak-anak, ruang belajar, ruang bermain, atau ruangan apa pun yang sering digunakan oleh anak-anak atau memang difungsikan bagi kepentingan anak-anak dimana mereka sering beraktivitas di dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s