Tips Sebelum Melakukan Home Improvement

Jika anda berniat untuk merombak rumah anda maka ada baiknya anda melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum memulai perombakan. Hal ini tidak hanya akan menghemat waktu anda tetapi juga membuat anda lebih efisien dalam menentukan segalanya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan sebelum melakukan home improvement.

Sebelum melakukan perencanaan dan proses pengerjaan

Tentukan barang yang akan dibeli

Sebelum melakukan perencanaan maka ada baiknya anda berkeliling rumah terlebih dahulu dan periksa barang-barang yang ada. Tentukan barang apa saja yang harus dibeli. Setidaknya ada dua barang yang mungkin anda beli.

Yang pertama adalah barang yang ingin anda ganti. Barang tersebut masih bisa dipakai tetapi mungkin anda ingin segera menggantinya. Lihatlah sekeliling rumah anda dan tentukan mana yang ingin anda ganti.

Yang kedua adalah barang yang memang harus diganti. Contohnya seperti pipa yang bocor, lantai yang rusak dan lain-lain.

Dengan mengetahui barang apa saja yang harus anda beli maka anda dapat mengetahui berapa biaya untuk pembelian barang-barang tersebut.

Ketahui berapa budget yang harus dikeluarkan

Sebelum melakukan proses pengerjaan maka ada baiknya anda mengetahui budget yang harus anda keluarkan. Pastikan anda mengecek semuanya dan membuat rincian daftar harga serta total biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan begini anda akan mengetahui berapa banyak uang yang harus anda keluarkan. Sehingga jika budget yang tersedia tidak mencukupi anda bisa mencoba alternatif lain sebelum melakukan proses pengerjaan.

Pastikan anda mengetahui berapa lama proses pengerjaannya

Melakukan home improvement membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlebih lagi anda melakukan perombakan pada rumah anda sendiri. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan anda dalam beristirahat di rumah. Ketika anda melakukan perombakan maka sedikit banyak anda pun akan terganggu karenanya.

Maka dari itu, usahakanlah untuk mengetahui berapa lama hal ini akan berlangsung. Sehingga anda dapat menentukan waktu yang pas untuk memulainya.

Fleksibel terhadap rencana anda

Apapun rencana yang anda susun selalu saja ada faktor x yang mungkin menjadi penghambat, sehingga proses pengerjaan menjadi lebih lama dari yang sudah ditentukan. Untuk itu ada baiknya anda fleksibel terhadap rencana yang anda buat.

Tidak hanya fleksibel terhadap waktu saja tertapi juga budget yang harus dikeluarkan. Karena mungkin saja setelah melakukan perhitungan, budget yang harus dikeluarkan melampaui yang sudah diperkirakan.

Tips untuk mencari Inspirasi

Selain perencanaan yang matang, inspirasi untuk membuat ruangan lebih baik juga sangat diperlukan. Maka dari itu ikuti tips dibawah ini untuk memudahkan anda dalam mencari inspirasi.

Carilah inspirasi lewat media online maupun majalah

Sekarang ini mencari inspirasi untuk home improvement sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa membaca majalah yang memang berfokus pada hal ini, atau anda juga bisa mencari inspirasi di internet. Ada banyak website yang membahas hal ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan melakukan browsing atau membaca majalah maka anda akan menemukan foto-foto menarik yang akan menginspirasi anda. Tidak hanya itu saja, tetapi juga banyak tips yang mungkin berguna bagi anda.

Bertanyalah

Untuk mendapatkan inspirasi tidak harus browsing lewat internet, anda bisa bertanya pada teman dekat anda. Siapa tahu dia memberi saran yang baik bagi anda. Disamping itu mungkin saja dia mempunyai kenalan yang dapat membantu anda dalam home improvement.

Contohnya mungkin saja dia tahu tempat yang menjual furniture rumah berkualitas bagus dengan harga yang murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s