Tips Merenovasi Rumah Dengan Hemat

Mempunyai rumah adalah sebuah kebanggaan apalagi jika rumah yang dibangun tersebut adalah dari hasil kerja sendiri. Walaupun rumah yang dibangun masih terkesan jelek dan belum semua disemen, namun paling tidak anda sudah mempunyai tempat tinggal tetap.

Jika masih ingin memperbaiki rumah agar terlihat sempurna bisa dilakukan bertahap sesuai dengan budget yang tersedia, misalnya menyelesaikan memplester rumah, kemudian memasang lantai keramik, pagar dan seterusnya.

Untuk memaksimalkan uang anda dan memperolah hasil yang dikehendaki, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anda bisa memaksimalkan uang anda.

Yang penting yang ada dibenak anda adalah dengan uang yang anda punyai anda akan bisa mendapatkan tempat tinggal yang lebih baik, lebih nyaman, dan lebih aman.

Tips Renovasi Rumah Hemat

Ketika hendak merenovasi rumah, yang anda perlukan bukan banyaknya biaya namun bagaimana anda mengefisienkan penggunaan uang anda.

Tips pertama yang bisa anda manfaatkan untuk membantu anda merenovasi rumah dengan hemat adalah menentukan konsep renovasi yang anda inginkan secara matang. Dalam tahap ini, demi efisiensi uang, anda harus memastikan bahwa hanya bagian rumah tertentu saja yang membutuhkan renovasi segera yang akan diperbaiki.

Untuk menghemat anda bisa mempergunakan bahan material lama yang tentunya harus dibongkar dahulu dengan hati-hati agar tidak rusak.

Buat juga desain bagian yang akan anda perbaiki dan buat konsep sehingga tukang bisa mengerjakan pekerjaanya dengan cepat.

Tips kedua yang bisa anda lakukan adalah menentukan bahan bangunan dan kualitas material yang akan dipergunakan. Jika memang budget terbatas, tidak ada salahnya memakai bahan yang berkualitas sedang atau bahkan bahan bekas yang masih bagus. Hal ini bisa dilakukan jika anda memilih dengan cermat barang bekas yang masih berkualitas.

Namun ada bagian-bagian tertentu yang memang harus mempergunakan bahan berkualitas bagus seperti pipa air dalam tanah, struktur bangunan, serta rangka atap. Bagian tersebut harus mempergunakan bahan terbaik karena jika rusak anda harus membongkar semua dan itu membutuhkan uang.

Bahan yang berkualitas sedang bisa dipergunakan untuk lantai, tembok, cat, dan kusen. Keramik kualitas sedang jika dipasang dengan baik dan hati-hati akan tampak bagus juga.

Tips Mempercepat Pekerjaan Renovasi

Untuk mengefisienkan budget dan juga waktu karena biasanya tukang dibayar harian, maka anda bisa mempercepat waktu pengerjaan. Cara yang paling sederhana untuk mempercepat hasil pengerjaan dan menghemat uang adalah dengan menghilangkan salah satu bagian pekerjaan.

Misalnya tembok dibiarkan tanpa diplester atau mengecat tanpa plamur. Cara seperti itu mempercepat selesainya renovasi rumah anda dan juga mengurangi budget. Baru dikemudian hari anda mempunyai uang lagi, baru tembok tersebut diplester dan kemudian dicat.

Selain itu, tips keempat adalah memilih cara pembayaran. Seperti anda ketahui, tukang biasanya dibayar harian namun juga ada yang dibayar borongan. Jika anda sudah mantap dengan konsep renovasi anda, pilihlah cara pembayaran borongan agar lebih hemat namun jika konsep belum matang, pilih tukang yang dibayar harian.

Tips terakhir untuk merenovasi rumah dengan hemat adalah memilih waktu yang tepat untuk renovasi. Jangan merenovasi rumah saat musim hujan karena anda akan sering membayar tukang yang tidak bekerja karena hujan.

Bahan material pasti juga akan rusak atau tidak bisa kering karena terkena air hujan. Selain itu pembangunan pasti berjalan lambat dan itu membuang-buang uang serta waktu anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s