Tips Merencanakan Biaya Renovasi Rumah Dengan Bijaksana

Saat akan merenovasi rumah, ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Hal-hal tersebut antara lain adalah desain renovasi rumah, pemilihan tukang untuk pengerjaan renovasi, pemilihan bahan, dan perencanaan biaya renovasi.

Yang paling penting dari hal-hal tersebut adalah perencanaan biaya renovasi rumah karena pembiayaan berkaitan erat dengan hal-hal yang lain, misalnya dengan anggaran renovasi yang terbatas anda tidak bisa membuat desain konsep renovasi yang maksimal selain itu anda juga harus menurunkan kualitas bahan material yang anda beli serta anda harus mengurangi jumlah tukang yang akan anda pekerjakan.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil maksimal dari berapapun uang anggaran yang anda punya, maka anda tetap harus merencanakan biaya renovasi dengan sangat seksama agar semua biaya tercukupi dan tidak ada bagian yang terlewatkan.

Tips Merencanakan Biaya Renovasi Rumah

Sebelum anda memulai merenovasi rumah, maka tips-tips berikut ini bisa bermanfaat untuk membantu anda merencanakan anggaran yang anda perlukan.

Tips pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak wawasan anda. Sebelum merencanakan anggaran, sangat disarankan anda menambah wawasan anda tentang merenovasi rumah dengan cara melihat-lihat model-model pagar, atap, dinding, atau apapun yang hendak anda renovasi.

Memperbanyak wawasan tentang desain rumah sangat membantu anda dalam perencanaan angaran belanja renovasi. Dengan begitu anda akan bisa mendesain sendiri renovasi yang hendak anda lakukan. Hal ini mempermudah anda saat menjelaskan kepada kontraktor atau tukang yang akan mengerjakan pekerjaan renovasi tersebut.

Bahkan dengan menambah wawasan tentang desain rumah, maka anda bisa menghemat uang yang anda bayarkan kepada kontraktor karena anda tidak perlu menyuruh mereka membuatkan desain untuk anda.

Memperbanyak wawasan juga membantu anda dalam memilih bahan bangunan yang berkualitas namun dengan harga yang sangat miring.

Jangan Tergoda

Tips berikutnya dalam merencanakan biasa renovasi adalah jangan tergoda. Yang dimaksud tergoda disini adalah keluar dari rencana yang sudah anda buat. Renovasi adalah memperbaiki rumah atau menambah bagian lain dari rumah jadi tidak mulai mmbangun dari nol.

Oleh karena itulah itu biaya yang dikeluarkan seharusnya tidak terlalu besar. Dan oleh sebab itu pula sebelum memulai renovasi perhatikan baik-baik rumah anda dan tentukan bagian mana saja yang akan anda perbaiki atau ditambahkan jika masih kurang.

Jangan tergoda untuk mengikuti keinginan anda merenovasi seluruh bagian rumah. Pada saat merenovasi, pertahankan konsep renovasi anda. Jangan terpengaruh rayuan kontraktor atau tukang untuk merenovasi bagian lain.

Hal ini sering terjadi misalnya anda ingin mengganti plafon yang berjamur atau rusak anda akan tergoda untuk mengganti cat tembok karena cat tembok yang sudah lusuh sangat kontras dengan plafon yang masih putih bersih.

Jika anda mengikuti godaan ini anda akan tekor sebelum renovasi selesai. Masih banyak godaan-godaan sejenis seperti godaan untuk mempergunakan keramik kualitas premium padahal sebelumnya anda sudah memutuskan memakai keramik kualitas sedang.

Untuk menghemat biaya renovasi, tetap berpeganglah pada rencana awal yang telah anda buat. Jangan pernah tergoda dengan tawaran diskon material bangunan atau biaya borongan yang kelihatanya murah namun tidak termasuk dalam perencanaan budget anda.

Yang penting, anda bisa memanfaatkan secara maksimal uang anda untuk merenovasi rumah sesuai dengan keinginan dan budget anda. Jika anda tidak bisa menahan godaan ini maka anggaran renovasi yang harus anda tanggung akan sangat besar jumlahnya dan kemungkinan anda harus berhutang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s